Apriono, D. 2011. Problem Based Learning (PBL): Definisi, Karakteristik, dan Implementasi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Prospektus. 9 (1): 11-17.
Bilgin, I., Senocak, E., & Sozbilir, M. 2009. The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 5 (2): 153-164.
Fitriani, S., Binadja, A., & Imam, K.S. 2012. Penerapan Model Connected Bervisi Science Enviroment Technology Society pada Pembelajaran IPA Terpadu. Unnes Science Education Journal (USEJ). 1 (2): 111-118.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Pustaka Setia.
Imafuku, R., Kataoka, R., Mayahara, M., Suzuki, H., & Saiki, T. 2014. Students’ Experiences in Interdisciplinary Problem-based Learning: A Discourse Analysisof Group Interaction. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. 8 (2): 1-18.
Irianti, M., Zulirfan, & Zaini, A., 2007. Pembelajaran Sains Fisika Melalui Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) Pada Siswa Kelas Viii Mts Nurul Falah Air Molek. Jurnal Geliga Sains. 1 (2): 1-7.
Jones, B.D., Epler, C.M., Mokri, P., Bryant, L.H., & Paretti, M.C. 2013. The Effects of a Collaborative Problem-based Learning Experience on Students’ Motivation in Engineering Capstone Courses. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. 7 (2): 34-71.
Kemdibud. 2013b. Permendikbud Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran Layak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdibud. 2013c. Permendikbud Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, Lampiran iv. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lajoie, S.P., Hmelo-Silver, C.E., Wiseman, J.G., Chan, L.K., & Lu, J. 2014. Using Online Digital Tools and Video to Support International Problem-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. 8 (2): 60-75.
Made, D.C. 2006. Pengembangan Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Modul Berorientasi Siklus Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. 39 (3): 534-551.
Maghfiroh, U., & Sugianto. 2011. Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisi Sets Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7: 6-12.
Minarti, I.B., Susilowati, S.M.E., & Indriyanti, D, R. 2012. Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Bervisi Sets Berbasis Edutainment Pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education (JISE). 1 (2): 105-111.
Nugraha, D.A., Binadja, A., & Supartono. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education (JISE). 2 (1): 27-34.
Nugraheni, D., Mulyani, S., & Ariani, S, R, D. 2013. Pengaruh Pembelajaran Bervisi Dan Berpendekatan Sets Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sman 2 Sukoharjo Pada Materi Minyak Bumi Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2 (3): 34-41.
Patkur, M., & Wiyanto, T.W. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Autocad untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X TPM di SMKN 1 Sidoarjo. JPTM. 1 (3): 86-96.
Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Resni, A.A.J.A.P., Yamtinah, S., & Utomo, S.B. 2013. Penggunaan Pendekatan SETS (Science, Environment Technology And Society) Pada Pembelajaran Asam, Basa, Dan Garam Untuk Meningkatkan Minat Belajar, Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Vii A Semester I Smp N 3 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (3): 108-113.
Sariono. 2013. Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 3: 1-9.
Scott, K.S. 2014. A Multilevel Analysis of Problem-Based Learning Design Characteristics. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. 8 (2) (article 5): 1-19.
Secondira, V.M.R., Retno, G.R., & Suhoyo, Y. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada untuk Melaksanakan Pembelajaran yang Konstruktif, Mandiri, Kolaboratif dan Kontekstual dalam Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia. 4 (1): 32-45.
Setyati, R. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berpendekatan Sets Berkarakter. Journalo of Primary Education. 1 (2): 103-111.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
So, H.J., & Kim, B. 2009. Learning about problem based learning: Student teachers integrating technology, pedagogy and content knowledge. Australasian Journal of Educational Technology. 25 (1): 101-116.
Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2 (2): 68-73.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Tambouris, E., Panopoulou, E., Tarabanis, K., Ryberg, T., Buus, L., Peristeras, V., Lee, D., & Porwol, L. 2011. Enabling Problem Based Learning through Web 2.0 Technologies: PBL 2.0, Educational Technology & Society. 15 (4): 238-251.
Umami, R., & Jatmiko, B. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology And Society) Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2 (3): 61–69.
Walker, A., & Leary, H. 2009. A Problem Based Learning Meta Analysis: Differences Across Problem Types, Implementation Types, Disciplines, and Assessment Levels. The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. 3 (1): 12–43.
West, R. E., Williams, G.S., & Williams, D.D. 2013. Improving Problem Based Learning in Creative Communities Through Effetive Group Evaluation. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. 7 (2) (article 5): 1-42.
Widyaningrum, R., Sarwanto & Karyanto, P. 2013. Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict,Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan pada Materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi. 6 (1): 100-117.
Wisudawati, A.W., & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta:Bumi Aksara.
Yurok, N., Morgil, I., & Secken, N. 2010. The effects of science, technology, society, environment (STSE) interactions on teaching chemistry. Natural Science. 2 (12): 1417–1424.
Zoller, U. 2013. Science, Technology, Environment, Society (stes) Literacy for Sustainability: What Should it Take in Chem/Science Education?. Educación quÃmica. 24 (2): 207-214.