Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Pendidikan multikultur memiliki lima dimensi yang saling berkaitan, yaitu :(1). Content integration; (2). The Knowledge Construction Process; (3) An Equity Paedagogy; (4) Prejudice Reduction; (5) Exercise. Games dapat dibuat untuk mengeksplor ide-ide IPA tertentu ke permukaan sedangkan anak-anak dari segala usia suka bermain game. (Muslimin, 2012). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran awal tentang siswa dan lingkungan yang meliputi macam-macam nilai budaya yang ada pada siswa, metode pembelajaran, bahan ajar serta media yang digunakan dalam proses belajaran mengajar. Metode pengumpulan dan analisis data yang digunakan ialah metode dokumentasi untuk mendapatkan data perangkat sebelum dikembangkan, observasi untuk memperoleh data macam-macam nilai budaya yang ada pada siswa sebelum pengembangan perangkat, dan angket untuk mendapatkan data tentang metode pembelajaran, bahan ajar serta media yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Seluruh data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan karakter yang cukup mencolok antara siswa yang berasal dari daerah pegunungan dan daerah perkotaan. Perangkat pembelajaran yang ada kurang mendukung usaha guru untuk mengaplikasikan nilai budaya yang ada di sekitar siswa dalam pembelajaran. Selain itu, pembelajaran IPA yang sudah identik dengan keseriusan membuat guru jarang untuk menerapkan strategi permainan dalam pembelajaran, selain itu metode yang digunakan lebih banyak pembelajaran konvensional, bahan ajar yang digunakan kebanyakan menggunakan buku BSE dan LKS dari penerbit komersil, serta media yang digunakan mayoritas powerpoint.

Abstract

___________________________________________________________________

Multicultural education has five interrelated dimensions, namely: (1). Content integration; (2). The Construction Knowledge Process; (3) An Equity Paedagogy; (4) Prejudice Reduction; (5) Exercise. Games can be created to explore ideas of certain IPA to a surface while kids of all ages love to play games. (Muslim, 2012). The goal of this research was to get an initial picture of the student and the environment that includes a variety of cultural values in students, teaching methods, teaching materials and media used in the teaching learning process. Methods of data collection and analysis was using the documentation to get device data before it was developed, observations to obtain data on a variety of cultural values that exist in the students before the development of the device, and a questionnaire to obtain data on teaching methods, teaching materials and media used in teaching and learning process. All data were analyzed descriptively. The results showed that there were differences between the characters are quite striking students from mountainous areas and urban areas. Learning device that was less support teachers' efforts to apply the cultural values that were around students in learning. In addition, learning science that has been synonymous with the seriousness of making teachers rarely to implement the strategy games in learning, in addition to the method used more conventional learning, teaching materials used were mostly books BSE and LKS of the publisher of commercial, as well as the majority media used was powerpoint.

Â