PENERAPAN PENDEKATAN JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) PADA MATA KULIAH KONSERVASI DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENANAMKAN SOFTSKILL KONSERVASI PADA MAHASISWA IPA UNNES
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model dan perangkat pembelajaran berpendekatan JAS (Jelajah Alam Sekitar) terintegrasi mata kuliah konservasi dan kearifan lokal di prodi IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) pendidikan yang dilaksanakan secara kolaborasi dengan team dosen mata kuliah konservasi dan kearifan lokal.  Uji efektivitas dan kepraktisan produk penelitian   R&D dilakukan melalui penelitian eksperimen, dengan desain Pretest-Postest Experiment Design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan IPA FMIPA yang mengambil mata kuliah Konservasi dan Kearifan lokal pada semester genap 2014/2015 yang berjumlah 45 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa observasi dan tes. Lembar observasi untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran berpendekatan JAS (Jelajah Alam Sekitar) yang dikembangkan. Tes digunakan untuk menentukan efektivitas model pembelajaran berpendekatan JAS (Jelajah Alam Sekitar) dalam meningkatkan soft skills konservasi terintegrasi dalam mata kuliah Konservasi dan Kearifan Lokal. Analisa data yang dilakukan adalah analisis diskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dihasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis kompetensi dan berciri konservasi, serta dihasilkan produk dari mahasiswa berupa video pembelajaran, poster dan stiker sebagai penerapan pembelajaran yang berciri konservasi. Selain hal tersebut, penilaian berupa tes menunjukkan bahwa mahasiswa menunjukkan prestasi yang lebih baik apabila dilihat dari hasil pretest dan posttest yang dilaksanakan. Pretest yang dilakukan sebelum diberikan penugasan menunjukkan hasil rata-rata 83,25, sedangkan posttest 86,20. Hasil angket menunjukkan softskills peduli lingkungan, cinta lingkungan, kreatif, tanggungjawab, objektif, dan kerja keras.
Â
Abstract
___________________________________________________________________
This study aimed to develop a model and a learning tool with an approach of JAS (Exploration Nature Neighbourhood) integrated course in conservation and local wisdom of Prodi IPA. This study was a research and development (R & D) study conducted in collaboration with a team lecturer in conservation and local wisdom. Test effectiveness and practicality of the product R & D research was conducted through experimental research, design Pretest-Posttest Design Experiment. The method used in this study was a qualitative method. The subjects were students of department of Educational Science Faculty who take courses in conservation and local wisdom in the second semester of 2014/2015 totaling 45 students. Data collection techniques used in the form of observational studies and tests. Observation sheet to determine the suitability of the implementation of learning by learning model with an approach of JAS (Roaming Neighborhood Nature) developed. The test was used to determine the effectiveness of the learning model with an approach of JAS (Natural Roaming Neighborhood) in improving the soft skills of conservation in the course of Conservation and Local Wisdom. Data analysis was qualitative descriptive analysis. From the results of this research produced the product in the form of a competency-based learning tool and is characterized by conservation, as well as the resulting product in the form of student learning videos, posters and stickers as application of learning characterized by conservation. Besides this, in the form of assessment tests show that students showed a better performance when seen from the results of pretest and posttest was implemented. Pretest conducted before given the assignment showed an average yield of 83.25, while the posttest 86.20. The questionnaire results showed soft skills care for the environment, love the environment, creative, responsible, objective, and hard work.
Abstrak___________________________________________________________________Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan  model dan perangkat pembelajaran berpendekatan  JAS (Jelajah AlamSekitar)  terintegrasi mata kuliah konservasi dan kearifan lokal di prodi IPA. Penelitian ini merupakan  jenis penelitian  danpengembangan (R&D)  pendidikan  yang dilaksanakan secara kolaborasi  dengan  team dosen mata kuliah konservasi dankearifan lokal.  Uji efektivitas dan kepraktisan  produk  penelitian   R&D dilakukan melalui penelitian eksperimen, dengandesain  Pretest-Postest Experiment Design.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode kualitatif. Subjekpenelitian ini adalah  mahasiswa prodi Pendidikan  IPA FMIPA yang mengambil mata kuliah Konservasi dan Kearifan lokalpada semester genap 2014/2015 yang berjumlah  45  mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitianberupa observasi dan tes. Lembar observasi untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan modelpembelajaran berpendekatan  JAS (Jelajah Alam Sekitar) yang dikembangkan.  Tes  digunakan untuk menentukan efektivitasmodel pembelajaran berpendekatan JAS (Jelajah Alam Sekitar) dalam meningkatkan  soft skills  konservasi terintegrasi dalammata  kuliah Konservasi dan  Kearifan  Lokal. Analisa data yang dilakukan adalah analisis diskriptif kualitatif. Dari hasilpenelitian ini dihasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis kompetensi dan berciri konservasi, serta dihasilkanproduk dari mahasiswa berupa video pembelajaran, poster dan stiker sebagai penerapan pembelajaran yang berciri konservasi.Selain hal tersebut, penilaian berupa tes menunjukkan bahwa mahasiswa menunjukkan prestasi yang lebih baik apabila dilihatdari hasil pretest dan posttest yang dilaksanakan. Pretest yang dilakukan sebelum diberikan penugasan menunjukkan hasilrata-rata 83,25, sedangkan posttest 86,20. Hasil angket menunjukkan softskills peduli lingkungan, cinta lingkungan, kreatif,tanggungjawab, objektif, dan kerja keras.Abstract___________________________________________________________________This study aimed  to develop a model and a learning tool  with an approach of  JAS  (Exploration Nature Neighbourhood) integratedcourse in conservation and local wisdom  of Prodi IPA. This study  was a research and development (R & D) study conducted incollaboration with a team lecturer in conservation and local wisdom. Test effectiveness and  practicality of the product R & D researchwas  conducted through experimental research, design Pretest-Posttest Design Experiment.  The method used in this study  was aqualitative method. The subjects were students of department of Educational Science Faculty who take courses in conservation andlocal wisdom in the second semester of 2014/2015 totaling 45 students. Data collection techniques used in the form of observa tionalstudies and tests. Observation sheet to determine the suitability of the implementation  of learning by learning model with an approachof  JAS (Roaming Neighborhood Nature) developed. The test  was  used to determine the effectiveness of the learning model  with anapproach of  JAS (Natural Roaming Neighborhood) in improving the soft skills of conservation  in the course of Conservation andLocal Wisdom. Data analysis was qualitative descriptive analysis. From the results of this research produced the product in the formof a competency-based learning tool  and is characterized by conservation, as well as the resulting product in the form of studentlearning videos, posters and stickers as application of learning characterized by conservation. Besides this, in the form of  assessmenttests show that students showed a better performance when seen from  the results of pretest and  posttest was  implemented. Pretestconducted before  given the assignment showed an average yield of 83.25, while the posttest 86.20. The questionnaire results showedsoftskills care for the environment, love the environment, creative, responsible, objective, and hard work.