Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Pengembangan pola pikir peserta didik merupakan tuntutan yang harus dipenuhi pada era global. Partnership of 21st Century Skills mengidentifikasi bahwa peserta didik abad ke-21 harus mampu mengembangkan keterampilan kompetitif yang berfokus pada pengembangan keterampilan berfikir tingkat tinggi (Higher order thingking skills).Dibutuhkan model pembelajaran yang menunjang kemampuan peserta didik dalam menghadapi tantangan tersebut. Service learning merupakan salah satu model pembelajaran dapat digunakan untuk menunjang pengembangan pola pikir. Service learning adalah cara belajar mengajar yang menghubungkan tindakan positif dan bermakna di masyarakat dengan pembelajaran akademik, perkembangan pribadi, dan tanggung jawab sosial sehingga peserta didik mengenal kemampuan mereka. Model ini dapat digunakan untuk pembentukan Habits of Mind terutama dalam aspek self regulation, berfikir kritis dan berfikir kreatif. Bahkan Costa dan Kallick serta Campbell mengklaim Habits of Mind sebagai karakteristik perilaku berpikir cerdas yang paling tinggi dalam memecahkan masalah dan merupakan indikator kesuksesan dalam akademik, pekerjaan dan hubungan sosial. Selain itu, service learning juga dapat membentuk kemahiran berfikir inventif yang juga menjadi salah satu komponen penting dari abad ke-21. Kemahiran ini meliputi enam elemen yaitu fleksibilitas dan kompleksitas, regulasi diri, sifat ingin tahu, kreativitas, mampu mengambil resiko dan pemikiran tahap tinggi. Kemampuan berpikir inventif yaitu berupa idea yang bersifat inovatif atau mungkin dalam bentuk kerja diharapkan mampu menghasilkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Abstract

___________________________________________________________________

Developing the mindset of learners is a demand that must be met at the global era. Partnership of 21st Century Skills learners identified that the 21st century should be able to develop competitive skills that focus on developing higher level thinking skills (Higher order thingking skills) .Dibutuhkan learning models that support the ability of learners in facing these challenges. Service learning is a learning model can be used to support the development mindset. Service learning is a teaching and learning method that connects a positive and meaningful action in the community with academic learning, personal growth, and social responsibility so that learners know their capabilities. This model can be used for the formation of Habits of Mind, especially in the aspect of self-regulation, critical thinking and creative thinking. Even Costa and Kallick and Campbell claim Habits of Mind as the behavioral characteristics of the most high smart thinking in problem solving and is an indicator of success in academic, work and social relationships. In addition, service learning can also form an inventive thinking skills are also one of the important components of the 21st century. Proficiency includes six elements of flexibility and complexity, self-regulation, curiosity, creativity, capable of taking risks and thinking high stage. Inventive thinking skills in the form of innovative ideas that are or may be in the form of work is expected to yield new innovations that benefit the wider

Â