Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun bahan ajar Bioenergi dengan menerapkan model science integrated. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Sesuai hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan; penerapkan Model Science Integrated dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengeksplorasi sumber belajar di masyarakat dan mampu menyampaikan kejadian-kejadian di masyarakat, setelah melakukan eksplorasi dari berbagai sumber belajar. Sebagian besar mendapatkan nilai A dan AB, tidak ada mahasiswa yang mendapatkan nilai di bawah B dan mahasiswa merespon baik, pembelajaran Bioenergi menerapkan Model Science Integrated.

Abstract

___________________________________________________________________

The aim of research was to improve students' ability in compiling teaching materials of Bioenergy by applying the model of integrated science. Research using action research methods class. According to the results of research that has been obtained, it can be concluded; Integrated Science appied in order to improve the ability of students to explore learning resources in the community was able to convey the events in the community, after exploration of a variety of learning resources. Most get an A and AB, no students who score below B and the students responded well.