Menumbuhkan Literasi Ekologis dan Bahasa Inggris melalui Legenda Nusantara dalam Edisi Dwi Bahasa bagi Guru dan Siswa Didik Sekolah Alam Ungaran (SAUNG)
Abstract
Artikel ini mengutarakan kegiatan pengabdian masyarakat bagi dosen. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan literasi ekologis dengan keterampilan story-telling bermuatan konservasi bagi guru dan siswa di Sekolah Alam Ungaran (SAUNG), Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Terdapat lima tahapan pelaksanaan dalam kegiatan ini pengabdian ini, yakni (1) sosialisasi; (2) pendaftaran peserta; (3) pembuatan bahan ajar dengan menggunakan beberapa buku bergambar legenda nusantara; (4) pelatihan sehari bagi guru-guru di Sekolah Alam Ungaran di Kecamatan Ungaran Barat; (5) praktek micro teaching; (6) observasi di lapangan. Hasil yang dicapai adalah literasi ekologis yang dimiliki guru dalam keterampilan story-telling bermuatan konservasi guru di Sekolah Alam Ungaran, Kabupaten Semarang, menjadi penekanan sejalan dengan latar belakang sekolah yang mengintegrasikan nilai-nilai tersebut. Untuk itu, literasi ekologis perlu terus dikembangkan tidak hanya pada sekolah-sekolah alam tetapi juga di sekolah umum.