Abstract

Sekitar 25 juta anak di Indonesia kini belajar di bawah ancaman pandemi Covid-19. Seperti dilakukan oleh banyak negara, untuk mencegah penularan virus corona di sekolah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan surat edaran bertanggal 24 Maret 2020 yang mengatur pelaksanaan pendidikan pada masa darurat penyebaran coronavirus. Kebijakan “Belajar dari Rumah” ini tepat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah, namun survei menunjukkan implementasinya masih beragam di lapangan. Meski ada banyak kekurangan, namun juga begitu banyak inovasi yang telah dihasilkan oleh guru terkait dengan pembelajaran daring. Namun, semua inovasi itu terpublikasikan dan terekam yang kelak menggambarkan realitas pendidikan masa kini. Merdeka Belajar yang telah digaungkan oleh Mendikbud juga menemukan konteksnya ketika masa pandemi ini. Terlebih lagi, semangat menulis mesti dihadapkan pada realitas bahwa kompetensi menulis guru belum sesuai harapan.  Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para guru menulis artikel ilmiah populer sebagai sarana guru mempromosikan inovasi pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19.