Literasi Konservasi Melalui Teks Berita Lingkungan Hidup Bagi Siswa Smp Lingkar Kampus Unnes
Abstract
Fokus program pengabdian kepada masyarakat ini adalah akselerasi literasi konservasi melalui teks berita lingkungan hidup bagi siswa SMP lingkar kampus UNNES. Untuk itu, mitra kegiatan ini adalah SMPN 24 Semarang yang merupakan SMP lingkar kampus UNNES. Khalayak sasaran kegiatan ini yaitu 40 siswa SMPN 24 Semarang. Metode pelaksanaan program yang dilaksanakan, yaitu: (1) pemberian informasi tentang hakikat hakikat literasi konservasi melalui teks berita lingkungan hidup bagi siswa SMP lingkar kampus UNNES; (2) pengayaan materi tentang literasi konservasi melalui teks berita lingkungan hidup bagi siswa SMP lingkar kampus UNNES; (3) pemberian pelatihan tentang literasi konservasi melalui teks berita lingkungan hidup bagi siswa SMP lingkar kampus UNNES. Secara teoretis program ini bergayut dengan pendapat Capra (dalam Keraf 2014) dan Salim (2007) yang menyatakan, ekoliterasi (melek ekologi) adalah kemampuan manusia yang sudah mencapai tingkat kesadaran tinggi tentang pentingnya lingkungan hidup. Hal ini berimplikasi bahwa siswa SMP lingkar kampus perlu diberikan pelatihan untuk meningkatkan literasi konservasi melalui teks berita lingkungan hidup agar menyadari betapa pentingnya lingkungan hidup, betapa pentingnya menjaga dan merawat bumi, ekosistem, alam sebagai tempat tinggal dan berkembangnya kehidupan. Hal ini menunjukkan bahwa FBS UNNES memiliki potensi dan peran strategis dalam memperkuat dan mengembangkan kerja sama dengan SMP lingkar kampus untuk mengakselerasi literasi konservasi bagi siswa.