Penggunaan Bahan Ajar Interaktif POSDAHUT untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar IPS di Kelas VII-D Semester Gasal SMPN 2 Wedarijaksa Tahun 2018/2019

Uswatul Muzayanah

Abstract


Pembelajaran yang efektif sangat menentukan keberhasilan sebuah pendidikan. Efektivitas pembelajaran tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang memadai tak terkecuali sumber belajar berupa buku atau media pembelajaran. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat dibutuhkan buku referensi yang memuat berbagai macam informasi dalam satu kemasan. Bahan ajar interaktif POSDAHUT menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan referensi yang memuat banyak informasi tersebut. Melalui penggunaan bahan ajar interaktif POSDAHUT dalam pembelajaran di kelas maupun penugasan di rumah di dapat angka efektivitas sebesar 84,26% dengan kategori baik. Angka ini menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif POSDAHUT sangat efektif dalam pembelajaran di kelas maupun penugasan di rumah bagi siswa SMP Negeri 2 Wedarijaksa.


Keywords


Efektivitas Pembelajaran; POSDAHUT; Bahan Ajar Interaktif

Full Text:

PDF

References


Ditjen Dikdasmenum. (2004). Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Diknas.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Ruhimat, T. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Sujana, N. (1990). Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.




DOI: https://doi.org/10.15294/fis.v47i1.17599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View FIS Stats