PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DASAR I DENGAN METODE PENDEKATAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING

Sri Nurhayati(1),


(1) 

Abstract

Penelitian  ini  dilatarbelakangi    oleh  rendahnya  prestasi  belajar mahasiswa  pada
mata  kuliah Kimia Dasar  I. Mahasiswa belum dapat belajar  secara mandiri dan proses
pembelajarannya  belum  dapat mengaktifkan mahasiswa. Penelitian  dilakukan  dengan
menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang masing-masing terdiri
atas  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi  dan  refl eksi,  data  yang  diperoleh
dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif.. Responden adalah mahasiswa program
studi Kimia  semester 1 yang aktif mengikuti mata kuliah Kimia Dasar I.indikator keberhasilan
yang akan dicapai adalah minimum 85% mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini dapat
lulus dan batas nilai ketuntasan  mahasiswa adalah lebih besar dari 70. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penggunaan metode pendekatan Modifi cation
of Reciprocal Teaching (MODERAT) dapat meningkatkan hasil belajar matakuliah Kimia
Dasar I pada mahasiswa Jurusan kimia semester 1 Tahun akademik 2008/2009.

 

Kata Kunci: hasil belajar, modifi cation of reciprocal teaching

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.