PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DASAR I DENGAN METODE PENDEKATAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING
(1) 
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi   oleh rendahnya prestasi belajar mahasiswa pada
mata kuliah Kimia Dasar I. Mahasiswa belum dapat belajar secara mandiri dan proses
pembelajarannya belum dapat mengaktifkan mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang masing-masing terdiri
atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refl eksi, data yang diperoleh
dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif.. Responden adalah mahasiswa program
studi Kimia semester 1 yang aktif mengikuti mata kuliah Kimia Dasar I.indikator keberhasilan
yang akan dicapai adalah minimum 85% mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini dapat
lulus dan batas nilai ketuntasan mahasiswa adalah lebih besar dari 70. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penggunaan metode pendekatan Modifi cation
of Reciprocal Teaching (MODERAT) dapat meningkatkan hasil belajar matakuliah Kimia
Dasar I pada mahasiswa Jurusan kimia semester 1 Tahun akademik 2008/2009.
Â
Kata Kunci: hasil belajar, modifi cation of reciprocal teaching
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.