PENERAPAN PANEL PERAGA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Trisno Abdi Wicaksono(1), Masugino Masugino(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan panel peraga sistem pen- erangan sepeda motor terhadap hasil  belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa Kelas XI TSM SMK N 1 Tengaran. Pengambi- lan sampel dengan cara cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Rata-rata hasil belajar sistem penerangan sepeda motor  pada kelompok kontrol yang semula 45,69 menjadi 72,43 atau terjadi peningkatan sebesar 26,74 (58,5%). Sedangkan kelompok ek- sperimen rata-rata hasil belajar yang semula 46,66 menjadi 80,09 , sehingga terjadi peningkatan sebesar 33,43 (71,6%).

Keywords

penerapan, panel peraga, hasil belajar, sistem penerangan sepeda motor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.