PEMBELAJARAN MONTASE EDUKASI BERBASIS LITERASI TENTANG BAHAYA ROKOK BAGI SISWA

Sri Verayanti

Abstract


Generasi muda merupakan salah satu komponen bangsa yang memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional, olehnya itu suatu bangsa harus menyiapkan generasinya. Sejalan dengan hal tersebut pemerintah telah merespon dengan gerakan literasi sekolah (GLS) di dunia pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai menengah. Pendidikan literasi diharapkan mampu  menumbuhkan budi pekerti dan mengembangkan kemampuan berpikir tinggi, atau HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan pengembangan karakter. Kuatnya gempuran arus  Informasi Teknologi (IT) yang menguasai kehidupan manusia, termasuk mudahnya mengakses internet yang tidak terkontrol sehingga remaja khususnya pelajar dapat mengakses situs-situs yang tidak mendidik. Kenakalan remaja yang lainnya adalah perilaku seks bebas, kegiatan merokok dan penyalah gunaan narkoba/NAPZA. Pengembangan pembelajaran kreasi montase ini, dilatar belakangi ada kecenderungan peningkatan prevalensi merokok yang  besar remaja khususnya di kalangan pelajar. Ketidakpahaman tentang bahaya rokok membuat siswa banyak yang melakukan aktivitas merokok. Pengetahuan melalui pemahaman bahaya rokok lewat literasi diharapkan mampu meningkatkan kognitif, psikomotik, dan sikap adaptif  siswa terhadap bahaya rokok. Kegiatan edukasi dilakukan melalui ekpresi estetik melalui berkarya  montase  edukasi yang dapat menjadi media edukasi tidak hanya di kalangan siswa tetapi juga masyarakat umum. Melalui karya montase edukasi siswa dapat mengasah  kepedulian sosial dan kepekaan estetisnya untuk diapresiasi oleh masyarakat. Pembelajaran melalui literasi dan kreasi montase edukasi yang menarik akan meningkatkan  kognitif, psikomotorik, dan sikap adaptif  siswa terhadap bahaya rokok baik bagi dirinya maupun lingkungannya.

Keywords


pembelajaran;montase;edukasi;literasi;bahaya rokok

Full Text:

PDF

References


Barabasch, Antje. 2020. “Creativity and arts-based learning“. JACE: Journal of Adult and Continuing Education 2020, Vol. 26(1) 3–5

Chapman, L.H. 1978. Aproach to Art. New York: Harcout Brace Jovanovich, Publisher.

Chow, B.Y., Hui, A.N, Chui, B.H.T. 2017. “Creative literacy activities promote positive reading attitude in children learning English as a foreign language” . Journal of Research in Reading, ISSN 0141-0423 DOI:10.1111/ 1467-9817.12096 Volume 00, Issue 00, 2017, pp 1–12.

Christy H, Tumigolung Herlina S, Franly W, et al. 2013. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Bahaya Merokok Di SMA Negeri 1 Manado”. Vol. 1, Nomor 1. Agustus. 2013.

Ferry, Brian. 2009. Research Online: “Using mobile phones t o enhance teacher learning in environmental education ”. University of W Wollongong.

Fieldman, Edmund B. 1967. Arts as Image and Idea. The University of

Georgia, Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs, New Jersey.

Gori, E., Romolini, A., Fissi, S., & Contri, M. 2020. “Toward the Dissemination of Sustain-ability Issues through Social Media in the Higher Education Sector: Evidence from an Italian Case”. Sustainability 2020, 12, 4658; doi:10.3390/su12114658 www.mdpi.com/journal/sustainability.

Harper, Graeme. 2019. “Crafting interest”. Creative Industries Journal, 12:2, 157-158, DOI: 10.1080/17510694.2019.1611031 To link to this article: https://doi.org/ 10.1080/17510694.2019.1611031.

Harsismanto J, Dkk. 2019. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Video Dan Poster Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Dalam Pencegahan Penyakit Diare” . Kesmas Asclepius. 2019;1:75–85.

Kathryn, Greene SCB. 2009. “Examining unsupervised time with peers and the role of association with delinquent peers on adolescent smoking” Nicotine Tob Res. 2009;11(4) :371–80.

Katie Burke & David Cleaver. 2019. “The art of home education: an investigation into the impact of context on arts teaching and learning in home education, Cambridge Journal of Education”. DOI: 10.1080/ 0305764X.2019.1609416 To link to this article:https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1609416

Leung, S.K.Y, W.Y, Choi, K.W.Y. & Yuen M. “Video art as digital play for young”. British Journal of Educational Technology doi:10.1111/ bjet.12877 Vol 0 No 0 2019 1–24

Mbongwe B, Tapera R, Phaladze N, Lord A, Zetola NM. 2017. “Predictors of smoking among primary and secondary school students in Botswana”. PLoS ONE 12(4): e0175640. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0175640

Nuradita E, et al. 2013. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Bahaya Rokok Pada Remaja di SMP Negeri 3 Kendal. Vol. 1, Jurnal Keperawatan Anak. 2013.

Panduan Gerakan Literasi Sekolah. 2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.

Puspandari R, Sunarsih I, Widyatama R. 2008. Dinas Kesehatan Provinsi K. Kontribusi Testimoni Dalam Meningkatkan Efektivitas Pendidik-an Kesehatan Tentang Napza Di Kabupaten Sleman Testimony Contribution In Improving The Effectiveness Of Health Education On Drugs In Sleman District. Vol. 24, Berita Kedokteran Masyarakat.

Sa J. M., Serpa , M., Ferreira, M.C, Santos, I.A.” Social Media Centrality in Identity (Re)construction in Higher Education. Journal of Educational and Social Researchwww.richtmann.org Vol 10 No. 1. E-ISSN 2240-0524, ISSN 2239-978X. Doi: 10.36941/jesr-2020-0002.

Sobandi, Bandi. 2008. “Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa”. Solo: Maulana Offset.

Sutha, W.D.”Pengetahuan dan Perilaku Merokok Pelajar Sekolah Menengah Pertama” . Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr.

Soetomo. Vol.4 No.1. 1 April 2018. www.jurnal.stikes-yrsds.ac.id.

Ulya Z, Iskandar A. 2017. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Poster Terhadap Pengetahuan Manajemen Hipertensi Pada Penderita Hipertensi” Jurusan Keperawat-an Soedirman. 2017;12(1):38.

Verayanti, Sri & Muharrar, Syakir. 2013. “Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana”. Jakarta: Penerbit: Esensi Erlangga.

Zatalini Ds, Rahahyu Wulandari D. 2018. “Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Diskusi, Poster dan Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit Menular Seksual Pada Anak Jalanan Kota Semarang (Studi Kasus di Rumah Pintar Bang Jo)”, Kedokteran Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.15294/imajinasi.v14i2.27705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.