PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUDIO-VIDEO EKSPERIMEN LISTRIK DINAMIS DI SMP

P. Rante, Sudarto -, N. Ihsan

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat profil pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbasis audio-video eksperimen listrik dinamis yang dapat menjadi solusi ketidakterlaksanaan praktikum di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa propil multimedia berbasis audio-video eksperimen dari segi tampilan menarik, fasilitas runtut, sistematis dan praktis digunakan serta menjadi solusi ketidakterlaksanaan praktikum di sekolah. Produk akhir adalah sebuah paket CD autorun multimedia pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran mandiri dan sebagai media presentase yang dilengkapi perangkat pembelajaran untuk guru.

 


This research aims to see the profile of multimedia learning development on physics based audio-video on the topic dynamic electricity experiment that may become a solution of practicum that not mastered well in the school. The result shows that the profile of develop multimedia based audio-video experiment has interesting display, harmonious facilities, systematic and practical in used as well as become a solution of the practicum that not mastered yet. The final product produced an auto run CD package of interactive learning multimedia as a self learning media and as a representation of media that equipped with teaching and learning media for teacher.


Keywords


Multimedia Based Audio-video, Dynamic Electricity

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. 2010. Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27 (1).

Gunter, R. D. 2010. Multimedia Learning: Are Still Asking the Questions? Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 19 (1): 103-120.

Hsinyi, P. 2006. Producing Multimedia Stories with ESL Children A Partnership Approach. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 15 (3): 261-284.

Mitchell, M. 2003. Constructing Multimedia: Benefits of Student-generated Multimedia on Learning Univercity of San Francisco. online dalam http://imej.wfu.edu/articles/2003/1/03/ index.asp#top. Diakses 12 Desember 2012.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mursalin. 2013. Model Remediasi Miskonsepsi Materi Rangkaian Listrik dengan Pendekatan Simulasi Phet. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9 (1).

Onintra, P. 2009. Evaluation of Educational Multimedia Support System for Students with Deafness. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 8(1): 71-90.

Purnomo, 2011. Educational Computer Game Materi Listrik Dinamis Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7: 121-127.

Wahyudin, 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6: 58-62.

Wiyono K.2011. Model Multimedia Interaktif Berbasis Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pendahuluan Fisika Zat Padat. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8: 74-82.

Zuhrieh, S. A. 2009. A Pilot Study to Invertigate the Effectiveness of Multimedia CD-Room Vis-à-vis Traditional Print Based Technology in Teaching Fourth Grade Children. International Journal on E-learning, 8 (3): 403-423.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN Cetak : 2089-4392 | ISSN Online : 2339-1286