Perancangan Kendali Kecepatan Motor Arus Searah Menggunakan Metode Root Locus

Khoirudin Fathoni(1), Alfa Faridh Suni(2),


(1) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Motor arus searah (DC) menjadi populer karena fleksibilitas dan kemudahan dalam pengoperasiannya. Namun motor DC perlu diatur agar mempunyai kecepatan serta respon transien yang diinginkan terlebih ketika diberi beban. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mensimulasikan alternatif pengendalian motor DC. Pengendalian yang digunakan adalah dengan metode Proporsional Integral Derivatif (PID) melalui root locus. Pada artikel ini akan dipaparkan pemodelan motor DC yang akan diperoleh fungsi alih antara kecepatan sudut dan input tegangan jangkar. Kemudian akan dilihat dan dirancang skema pengendalian dengan respon transien dan steady state yang diinginkan melalui root locus dengan menambahkan pole dan zero. Setelah disimulasikan, hasil perancangan kendali PID yang diperoleh telah sesuai spesifikasi yang diinginkan serta stabil dengan uji kestabilan Routh Hurwitz.

Full Text:

PDF

References

Waluyo, A. Fitriansyah, Syahrial, “Analisis Penalaan Kontrol PID pada Simulasi Kendali Kecepatan Putaran Motor DC Berbeban Menggunakan Metode Heuristik”, Jurnal Elkomnika Itenas., vol.1 no.2, pp. 79-92, Des. 2013.

M. R. Setiawan, M. A. Muslim, G. D. Nusantoro, ”Kontrol Kecepatan Motor DC dengan Metode PID Menggunakan Visual Basic 6.0 dan Mikrokontroler ATmega 16”, Jurnal EECCIS., vol.6 no.2, pp. 1-6, Des 2012.

D. A. Surya,”Perancangan Kontroler PI Anti-Windup Berbasis Mikrokontroler ATmega 32 Pada Kontrol Kecepatan Motor DC”, Pros. Seminar Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro FTI-ITS, 2011.

Z. Jamal, “Implementasi Kendali PID Penalaan Ziegler-Nichols Menggunakan Mikrokontroler”, Jurnal Informatika., vol.15 no.1, pp.81-88, Juni 2015.

H. Hibban, J. Pramudijanto, N. Gamayanti, “Desain Kontroler Fuzzy PID Gain Schedulling Untuk Pengaturan Kecepatan Motor DC Tanpa Sikat”, Jurnal Teknik ITS vol.4 no.2, pp 37-40, 2015.

K. Sao, Mr. D. K. Singh, Mr. A Agrawal, “Study of DC Motor Position Control Using Root locus and PID Controller in MATLAB”, International Journal for Scientific Research & Development vol.3 issue 5, pp 183-190, 2015.

N. S. Nise, Control System Engineering, 6th ed., John Willey & Sons, Inc., 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.