
Application of Project Based Learning Model (PjBL) in Learning Design Digital Based Batik Basic Motives at Vocational Schools
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asti, Musman & Arini B,Ambar. (2011). Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: ANDI.
Chairullah, Achmad. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Batik Tulis di SMK Negeri 8 Padang. E- Jurnal Seni Rupa FBS Universitas Negeri Padang. 2(1), 1-11.
Damayanti, (2018). Peningkatan Kreativitas Seni Melalui Kegiatan Membatik (Pendidikan Pusaka Membangun Karakter Anak Usia Dini). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0”. (pp. 79 – 88). Jakarta.
Dewi, F. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik. 9(2), 1-15.
Ernawati (2015). Batik Design Training Sebagai Upaya Pembekalan Soft Skill di Bidang Desain Grafis Terhadap Siswa-Siswi SMK Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Rekursif. 3(1). 54-60.
Handayani, Retno Astuti. (2016). Pengaruh Minat Remaja Dalam Pemakaian Batik Terhadap Pelestarian Batik Kudus. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.
Jalinus, N., Nabawi, R.A., & Mardin, A. (2017). The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT), 102, 251-256.
Lisbijanto, Herry. (2013). Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nurcahyanti dkk. (2019). Metode Pendekatan Pada Generasi Milenial Untuk Keberlanjutan dan Ketahanan Batik Nasional. In A. Editor (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik 2019. (pp. A4-1 - A4-16). Yogyakarta.
Permatasari, Intan. (2015). Penciptaan Media Pembelajaran Batik Bagi Siswa Smp Melalui Media Komik Edukasi. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 11(1), 1-11.
Prayitno. (2019). Pembelajaran Batik Tetes Lilin Sebagai Alternatif Teknik Membatik Sederhana Pada Mahasiswa PAUD. Jurnal Pendidikan Anak. 8(1), 38-47.
See, Y.G., Rashid, A.M., & Bakar, A.R. (2015). The Effect of Project Based Learning on Level of Content Knowledge of Pre-Vocational Subject. Mediterranean Journal of Social Sciences. 6(6), 369-375.
Suhud dan Firtiansyah. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Pembuatan Batik Banten Pada PT. Batik Banten Mukarnas Berbasis Multimedia. Jurnal PROSISKO. 4(1), 48-52.
Suliyanto, dkk. (2015). Persepsi Generasi Muda Terhadap Profesi Pengrajin Batik Tulis Di Purbalingga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 18(1), 135-144.
Sunaryo dan Kartika Nurlaila Rahmawati. (2012). Pembelajaran Keterampilan Membatik pada Siswa Tunarungu Jenjang SMALB di SLB B Negeri Cicendo Kota Bandung. Jurnal Jassi_Anakku. 11(1), 10-17.
Suryaningsum, dkk. (2019). Roadmap Perbatikan Nusantara dalam Revolusi Industri 4.0. Editor (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik 2019. (pp. A2-1 – A2-12). Yogyakarta.
Wibawanto, Wandah dan Rahina Nugrahani. (2018). Inovasi Pengembangan Motif Batik Digital Bagi IKM Batik Semarang. Indonesian Journal of Conservation. 7(2), 111-118.
Widiastuti dkk. (2019). Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia Kreatif dan Inovatif Pada UKM Batik Semarangan (Studi Di Kampung Batik Semarang). Jurnal Riptek. 13(2), 124-130.
DOI: https://doi.org/10.15294/jvce.v5i1.26765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PASCASARJANA UNNES, | ![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305 |