Application of Project Based Learning Model (PjBL) in Learning Design Digital Based Batik Basic Motives at Vocational Schools
(1) SMK Ibu Kartini Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asti, Musman & Arini B,Ambar. (2011). Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: ANDI.
Chairullah, Achmad. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Batik Tulis di SMK Negeri 8 Padang. E- Jurnal Seni Rupa FBS Universitas Negeri Padang. 2(1), 1-11.
Damayanti, (2018). Peningkatan Kreativitas Seni Melalui Kegiatan Membatik (Pendidikan Pusaka Membangun Karakter Anak Usia Dini). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0â€. (pp. 79 – 88). Jakarta.
Dewi, F. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik. 9(2), 1-15.
Ernawati (2015). Batik Design Training Sebagai Upaya Pembekalan Soft Skill di Bidang Desain Grafis Terhadap Siswa-Siswi SMK Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Rekursif. 3(1). 54-60.
Handayani, Retno Astuti. (2016). Pengaruh Minat Remaja Dalam Pemakaian Batik Terhadap Pelestarian Batik Kudus. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.
Jalinus, N., Nabawi, R.A., & Mardin, A. (2017). The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT), 102, 251-256.
Lisbijanto, Herry. (2013). Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nurcahyanti dkk. (2019). Metode Pendekatan Pada Generasi Milenial Untuk Keberlanjutan dan Ketahanan Batik Nasional. In A. Editor (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik 2019. (pp. A4-1 - A4-16). Yogyakarta.
Permatasari, Intan. (2015). Penciptaan Media Pembelajaran Batik Bagi Siswa Smp Melalui Media Komik Edukasi. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 11(1), 1-11.
Prayitno. (2019). Pembelajaran Batik Tetes Lilin Sebagai Alternatif Teknik Membatik Sederhana Pada Mahasiswa PAUD. Jurnal Pendidikan Anak. 8(1), 38-47.
See, Y.G., Rashid, A.M., & Bakar, A.R. (2015). The Effect of Project Based Learning on Level of Content Knowledge of Pre-Vocational Subject. Mediterranean Journal of Social Sciences. 6(6), 369-375.
Suhud dan Firtiansyah. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Pembuatan Batik Banten Pada PT. Batik Banten Mukarnas Berbasis Multimedia. Jurnal PROSISKO. 4(1), 48-52.
Suliyanto, dkk. (2015). Persepsi Generasi Muda Terhadap Profesi Pengrajin Batik Tulis Di Purbalingga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 18(1), 135-144.
Sunaryo dan Kartika Nurlaila Rahmawati. (2012). Pembelajaran Keterampilan Membatik pada Siswa Tunarungu Jenjang SMALB di SLB B Negeri Cicendo Kota Bandung. Jurnal Jassi_Anakku. 11(1), 10-17.
Suryaningsum, dkk. (2019). Roadmap Perbatikan Nusantara dalam Revolusi Industri 4.0. Editor (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik 2019. (pp. A2-1 – A2-12). Yogyakarta.
Wibawanto, Wandah dan Rahina Nugrahani. (2018). Inovasi Pengembangan Motif Batik Digital Bagi IKM Batik Semarang. Indonesian Journal of Conservation. 7(2), 111-118.
Widiastuti dkk. (2019). Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia Kreatif dan Inovatif Pada UKM Batik Semarangan (Studi Di Kampung Batik Semarang). Jurnal Riptek. 13(2), 124-130.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PASCASARJANA UNNES, | This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305 |