Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar

Jauharotul Izzah, Abd. Qohar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study dengan menggunakan model kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) pada matakuliah pengantar aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika kelas C-2019 Universitas Negeri Malang yang berjumlah 34 mahasiswa. Analisis penelitian difokuskan pada kegiatan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan proses pembelajaran matematika berbasis lesson study dengan model kooperatif tipe TPS dapat diikuti oleh mahasiswa secara efektif. Sebagian besar mahasiswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Hasil tes individu sebagai uji pemahaman konsep aljabar mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 80,00 pada periode I dan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 88,50 pada periode II. Sementara, hasil respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran diperoleh skor rata-rata sebesar 3,26 yang berarti respon mahasiswa sangat positif.

This study aims to describe the implementation of lesson study-based learning, using cooperative learning models Think Pair Share (TPS) type to improve understanding of algebraic concepts. This type of research is qualitative research. The subjects in this study were students of Mathematics Education class C-2019 State University of Malang, amounting to 34 students. Research analysis focused on planning (plan), implementation (do), and reflection (see) activities. The results showed that the whole process of learning mathematics based on lesson study with a cooperative model of Think Pair Share (TPS) type could be effectively followed by students. Most students actively participate in the learning process. Individual test results as a test of understanding the concept of algebra have increased with the acquisition of an average grade of 80.00 in period I and the average grade of 88.50 in period II. Meanwhile, the results of student responses to the learning process obtained an average score of 3.26, which means that the response of students was very positive.

Keywords

lesson study; cooperative learning; Think Pair Share (TPS); algebra

Full Text:

PDF

References

Afthina, H., Mardiyana, & Pramudya, I. (2017). Think Pair Share Using Realistic Mathematics Education Approach in Geometry Learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). 34-43.

Dindin, A. M. L. (2015). Lesson Studi Sebagai Inovasi Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 175–187.

Farida, A. (2016). Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen Matematika STMIK Duta Bangsa Surakarta. Jurnal Derivat, 3(2), 17–24.

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127.

González, G., & Deal, J. T. (2019). Using a Creativity Framework to Promote Teacher Learning in Lesson Study. Thinking Skills and Creativity, 32(2), 114–128.

Hartini, H., Maharani, Z. Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 131–135.

Helaluddin. (2018). Restrukturisasi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 75–82.

Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make a Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora, 3(2), 199–212.

Ikhsan, M. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 83–95.

Kamal, S. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share (Tps) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–11.

Kanellopoulou, E.-M., & Darra, M. (2019). The Implementation of the Lesson Study in Basic Teacher Education: A Research Review. Higher Education Studies, 9(3), 65.

Leavy, A. M., & Hourigan, M. (2016). Using Lesson Study to Support Knowledge Development in Initial Teacher Education: Insights from Early Number Classrooms. Teaching and Teacher Education, 57(3), 161–175.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 74–79.

Mills, S. (2016). Conceptual understanding: A concept analysis. Qualitative Report, 21(3), 546–557.

Mon, C. C., Dali, M. H., & Sam, L. C. (2016). Implementation of Lesson Study as an Innovative Professional Development Model among Malaysian School Teachers. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 13(1), 83–111.

Nuha, M. A., Waluya, S. B., & Junaedi, I. (2018). Mathematical Creative Process Wallas Model in Students Problem Posing with Lesson Study Approach. International Journal of Instruction, 11(2), 527–538.

Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203–210.

Rasyid, H., & Dini, A. U. (2017). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581.

Schipper, T., Goei, S. L., de Vries, S., & van Veen, K. (2018). Developing Teachers’ self-Efficacy and Adaptive Teaching Behaviour Through Lesson Study. International Journal of Educational Research, 88(1), 109–120.

Schipper, T. M., van der Lans, R. M., de Vries, S., Goei, S. L., & van Veen, K. (2020). Becoming a more adaptive teacher through collaborating in Lesson Study? Examining the influence of Lesson Study on teachers’ adaptive teaching practices in mainstream secondary education. Teaching and Teacher Education, 88, 102961. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102961

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13.

Vermunt, J. D., Vrikki, M., van Halem, N., Warwick, P., & Mercer, N. (2019). The Impact of Lesson Study Professional Development on the Quality of Teacher learning. Teaching and Teacher Education, 81(2), 61–73.

Ziegler, E., & Stern, E. (2016). Consistent advantages of contrasted comparisons: Algebra learning under direct instruction. Learning and Instruction, 41, 41–51.

Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Heuristik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.