Tipe Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Analitik Berdasar Newman’s Error Analysis (NEA)

Iwan Junaedi

Abstract

Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika langsung atau tidak langsung dipengaruhi oleh pola penyelesaian soal pada saat mahasiswa duduk di bangku sekolah. Hasil pengamatan menujukkan bahwa masih terdapat mahasiswa yang tidak malakukan tindakan apapun terhadap soal pembuktian, meskipun hanya  pada tahapan understand the problem. NEA merupakan kerangka kerja dengan  prosedur diagnostik sederhana, yang meliputi (1) decoding, (2) comprehension, (3) transformation, (4) process skill, dan (5) encoding. Metode diagnostik  yang dikembangkan Newman ini digunakan  untuk mengidentifikasi kategori  kesalahan terhadap jawaban dari sebuah tes uraian.  Sehingga bagaimana deskripsi jenis kesalahan mahasiswa dalam  menyelesaikan soal-soal pembuktian pada mata kuliah Geometri Analitik berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA), dan apa saja penyebab kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pembuktian, khususnya pada mata kuliah  Geometri Analitik, menarik untuk dibahas dalam tulisan ini.

Full Text:

PDF

References

Anderson dan Krathwohl. 2001. A Taxonomy for leraning, teaching, and Assessing. United States: Addison Wesley Longman, Inc.

Enger, S.K. dan Yager, R.E. 2001. Assessing Student Understanding in Science. California: Corwin Press, Inc.

Hayat, B. 2008. Prinsip-Prinsip dan Strategi Penilaian di kelas dalam Assessment Berbasis Kelas. Jakarta: Pusat Penilaian pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.

Thompson, T. 2008. Mathematics Teachers Interpretation of Higher Order Thinking in Blooms Taxonomy dalam IEJME, Vol. 3(2), pp. 82-102.

McGinn, M.K., dan Boote, D.N. 2003. A First-Person Perspective on Problem Solving in A History of Mathematics Course dalam jurnal Mathematical Thinking and Learning, Vol. 5(1), pp. 71-107.

McMahon, G. P. 2007. Getting the HOTS with what’s in the box: Developing higher order thinking skills within a technology-rich learning environment. Thesis presented for the Degree of Doktor of Philosophy of Curtin University of Technology.

Miles, M. B dan Huberman, A. M. 1992. Analsisis data Kualitatif terjemah Rohidi, T. Jakarta: UI Press.

Moleong, L.J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Newman, M.A. 1983. Strategies for Diagnosis and Remediation. Sydney: Harcourt, Brace Jovanovich.

Zevenbergen, R., Dole, S., dan Wright, R. 2004. Teaching Mathematicas in Primary Schools. Australia: Allen & Unwin

Refbacks

  • There are currently no refbacks.