Desain Pembelajaran Aturan Sinus dan Aturan Cosinus Berbasis PMRI untuk Mengetahui Strategi Siswa

R.F. Yenni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran segitiga pada materi aturan sinus dan aturan cosinus, yang menuntut siswa untuk dapat menyelesaikan setiap permasalahan secara kontekstual. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMAN 6 Prabumulih yang berjumlah 38 orang. Metode yang digunakan adalah design research terdiri dari tiga tahap, yaitu: preliminary design, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment), serta retrospective analysis. Penelitian ini mengembangkan hasil pembelajaran aturan sinus dan aturan cosinus dengan menunjukkan aktivitas dan prosedur serta strategi siswa dalam menemukan ide dan strategi saat merumuskan aturan sinus dan aturan cosinus. Selain itu perubahan dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ke Learning Trajectory (LT) melalui aktivitas, dilakukan dengan pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, rekaman video, foto, dan lembar aktivitas siswa.

 

The purpose of this study was to look at the role of triangle on the sine and cosine rule, which requires students to be able to resolve any problems contextually . The subjects were 38 students of SMAN 6 Prabumulih X1 class. The research used design reseacrh consists of three stages: preliminary design, design experiment (pilot experiment and teaching experiment), and retrospective analysis. This research developed an activity and procedure based learning and student strategies in finding ideas formulating rules of sine and cosine rules. Besides that, the change of Hypothetical Learning Trajectory (HLT) to Learning Trajectory (LT) through activities conducted by using a data collection sheet observations, interviews, video recordings, photographs, and student activity sheets.

Full Text:

PDF

References

Akker, et al. 2006. Education Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.

Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Technipress, Culemborg.

Ilma, R. 2011. Improving Mathematics Communication Ability of Students In Grade 2 Through PMRI Approach. Makalah disampaikan pada International Seminar and The Fourth National Conference on Mathematics Education pada tanggal 21–23 Juli 2011. Yogyakarta.

Krismanto, Al. 2008. Pembelajaran Trigonometri SMA. Yogyakarta: P4TK Matematika.

NCTM. 2000. Principles and Standard for School Mathematics. Reston: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

Nizarwati. 2009. Pengembangan Perang-kat Pembelajaran Berorientasi Konstruktivisme untuk Mengajarkan Konsep Perbandingan Trigonometri Siswa Kelas X SMA, artikel dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3(2), pp. 57–72.

Nurbaiti. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Kelas X Menggunakan Pendekatan PMRI di SMAN 3 Palembang. Tesis PPs UNSRI.

Zulkardi. 2010. How to Design Mathematics Lesson based on the Realistic Approach? Diakses tanggal 15 Desember 2012, pada http://eprints.unsri.ac.id/692/1/rme.html.

---. 2011. Model Peningkatan Mutu Pendidikan SMA di Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Paper Dipresentasikan pada Seminar Nasional Hasil Penelitian di UNSRI Palembang pada tanggal 2 Desember 2011, Palembang.

Zulkardi & Ilma. 2010. Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), artikel dalam Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan (JIPP), Vol. 2(1), pp. 1–24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.