Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dalam Pendekatan Realistik Dengan Pendekatan Ekspositori Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 101880 Tanjung Morawa

Daitin Tarigan, Esther M. Sinaga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam  pendekatan realistik dengan pendekatan ekspositori pada  mata pelajaran matematika kelas IV SDN 101880 Tanjung Morawa T.A. 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Instrumen yang di gunakan adalah tes hasil belajar bentuk isian sebanyak 10 soal. Berdasarkan analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pre test 9,2 dan standar deviasi 12,88, untuk data post test diperoleh rata-rata 52 dan standar deviasi 31,36. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pre test 15,14 dan standar deviasi 14,82, untuk data post test diperoleh rata-rata 44,57 dan standar deviasi 25,36. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung = 5,38 > ttabel = 1,671, dengan taraf signifikansi α = 0,05. Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat pebedaan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan pecahan yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan ekspositori di kelas IV SD Negeri 101880 Tanjung Morawa tahun ajaran 2012/2013.

This study aims to determine differences in student learning outcomes in a realistic approach to the expository approach in mathematics class IV SDN Tanjung Morawa 101 880 TA 2012/2013. This study used a quasi-experimental methods. The samples studied were 60 students consisting of 25 students and 35 students experimental class control class. The instrument used is the achievement test stuffing form of 10 questions. Based on the analysis of data on the experimental class gained an average pre-test score of 9.2 and a standard deviation of 12.88, post test data gained an average of 52 and a standard deviation of 31.36. To control class gained an average pre-test score standard deviation of 15.14 and 14.82, for a post test the data gained an average of 44.57 and a standard deviation of 25.36. Hypothesis testing using t-test, obtained t = 5.38> table = 1,671, with a significance level α = 0.05. Then H0 is rejected so that it can be concluded that the learning outcomes are pebedaan mathematics student at the sum of material fractions being taught with realistic mathematics approach and expository approach in the fourth grade elementary school Tanjung Morawa 101 880 2012/2013 academic year.

 

Keywords

Learning Outcomes; Realistic Approach; Expository Approach

Full Text:

PDF

References

Mayantika, S. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pegurangan Pecahan Di Kelas V Min Sei Agul Medan T.A 2011/2012. Skripsi. FMIPA Unimed.

Prabowo, A. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Seminar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol. 3(2), pp. 82-90.

Purwanto. (2011). Evaluasi hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Riyanto, et al. (2015). Keefektivan PMRI Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Serupa PISA Pada Kelas VII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol. 5(1), pp. 33-40.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabet.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tambunan, M. (2011). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajarkan Menggunakan Metode Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Metode Ekspositori Dikelas VIII SMP Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. FMIPA. Unimed.

Tarigan, D. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Usman, H dan R.P. Setiady. (2000). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.