Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Menggunakan Bahan Limbah Berbasis Lesson Study di Kelas IX SMPN 1 Kromengan

Musni Yuliastuti

Abstract

Artikel ini bertujuan mendiskripsikan pembelajaran bangun ruang sisi lengkung dengan materi volume dan luas sisi tabung menggunakan bahan limbah melalui kegiatan Lesson Study. Kegiatan lesson Study dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu plan pada tanggal 10 September 2015 di SMP Negeri 1 Kromengan. Tahap do dan see dilaksanakan pada tanggal 1 oktober 2015 juga bertempat di SMP Negeri 1 Kromengan. Berdasarkan hasil refleksi didapat bahwa dengan tayangan video di awal pembelajaran dapat membangkitkan motivasi siswa.  Menggunakan media bahan limbah memudahkan siswa untuk mendapatkan konsep volume dan luas sisi tabung.

This article aims to describe learning with curved side with material volume and extensive side of the tube using waste materials through Lesson Study activities. Lesson study activities carried out in three stages, plan on 10 September 2015 SMP Negeri 1 Kromengan. Stage do and see held on 1 October 2015 are also at SMP Negeri 1 Kromengan. Based on the results obtained that the reflection with a video show in early learning can be motivating students. Using media waste materials easier for students to get the concept of volume and area of the tube.

 

Keywords

Pembelajaran Bangun Ruang sisi Lengkung; Bahan limbah; Lesson Study

Full Text:

PDF

References

Hendayana, S., Suryadi, D., Karim, M. A., Sukirman, A., Sutopo, A. S., Sutiman, S., ... & Hikmat, N. (2006). Lesson Study: Suatu strategi untuk meningkatkan keprofesionalan pendidik (pengalaman IMSTEP-JICA).

Hudojo, H. (1988). Mengajar belajar matematika. Jakarta: Depdikbud.

Lewis, C. C. (2002). Lesson study: A handbook of teacher-led instructional change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools.

Rahayu, Sri. (2005). Lesson Study Sebagai Model Pengembangan Profesi Guru dalam Upaya Meningkatkan Pembelajarn MIPA. Makalah disampaikan dalam seminar dan workshop Lesson Study di FMIPA UM, 21 Juni 2005

Saito, E., Harun, I., Kuboki, I., & Tachibana, H. (2006). Indonesian lesson study in practice: Case study of Indonesian mathematics and science teacher education project. Journal of In-service Education, 32(2), 171-184.

Skemp, R. R. (1987). The psychology of learning mathematics. Psychology Press.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Waruwu, F. E. (2006). Belajar dan Motivasi: Bagaimana Mengembangkan Motivasi Internal. Jurnal Provitae, 2(2), 21-24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.