Campur kode dan Alih kode dalam mata kuliah zhÅngjí hànyÇ” tÄ«ng shuÅ xià

Maghfirany Iskandar(1), Anggraeni Anggraeni(2),


(1) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Mata kuliah zhÅngjí hànyÇ” tÄ«ng shuÅ xià diampu oleh Dosen Native Speaker yang juga bisa berbahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan Dosen dan Mahasiswa sering menggunakan bahasa Indonesia ketika perkuliahan berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wujud campur kode dan alih kode serta menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode dan alih kode pembelajaran daring pada mata kuliah zhÅngjí hànyÇ” tÄ«ng shuÅ xià. Pada penelitian ini menggunakan metodelogi kuanlitatif yang bersifat deskriptif, subjek penelitian ini adalah percakapan antara Dosen dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2018. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 12 data campur kode dan 5 data alih kode. Wujud campur kode yang terdapat dalam penelitian ini berupa kata, frasa, perulangan kata, dan klausa. Sedangkan wujud alih kode berupa alih kode intern dan alih kode ekstern. Faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode adalah faktor penutur dan faktor peran. Selain itu faktor penyebab terjadinya alih kode adalah faktor penutur, lawan bicara, dan perubahan dari formal ke informal.

The zhÅngjí hànyÇ” tÄ«ng shuÅ xià course is taught by Native Speaker Lecturers who can also speak Indonesian. This causes Lecturers and Students to often use Indonesian when lectures take place. This study aims to analyze the form of code mixing and code switching and to analyze the factors that cause code mixing and code switching for online learning in the zhÅngjí hànyÇ” tÄ«ng shuÅ xià course. In this study using a descriptive quantitative methodology, the subject of this study was a conversation between lecturers and students of the Chinese Language Education Study Program, class of 2018. The results of this study revealed that there were 12 code mixed data and 5 code switching data. The form of code mixing contained in this research is in the form of words, phrases, word repetition, and clauses. While the form of code switching is in the form of internal code switching and external code switching. Factors that cause code mixing are speaker factors and role factors. In addition, the factors that cause code switching are speakers, interlocutors, and changes from formal to informal.

Keywords

online learning, code mixing, code switching, form, causative factors

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.