Pengaruh Substitusi Tepung Sorgum Putih pada Fig Bar terhadap Daya Terima Konsumen

Wisnu Riyanto, Alsuhendra Alsuhendra, Mahdiyah Mahdiyah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh substitusi tepung sorgum putih dengan persentase 50%, 60%, dan 70% pada pembuatan fig bar terhadap daya terima konsumen untuk aspek warna, aroma, rasa, dan tekstur. Penelitian ini dilakukan pada di Laboratorium Pastry & Bakery UNJ dengan menggunakan metode eksperimen untuk menguji pengaruh substitusi tepung sorgum pada aspek-aspek organoleptik. Populasi pada penelitian ini adalah produk fig bar yang merupakan kue kering berlapis dengan isian pasta buah tin, sedangkan sampel penelitiannya adalah fig bar dengan substitusi tepung sorgum putih sebesar 50%, 60%, dan 70%. Uji hedonik dilakukan kepada 30 panelis agak terlatih yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Hasil uji hedonik menunjukkan bahwa fig bar dengan substitusi tepung sorgum putih sebesar 50% merupakan produk yang paling disukai pada semua aspek yang diuji dengan rentang nilai dari 3,77 hingga 4,10 yang tergolong dalam ketegori suka. Hasil uji Friedman menyatakan terdapat pengaruh substitusi tepung sorgum putih pada aspek warna, aroma, rasa manis, tekstur dimulut dan kekerasan. Hasil uji Tuckey menunjukkan bahwa substitusi tepung sorgum putih pada fig bar dengan persentase 50% adalah yang paling disukai sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai produk camilan sehat yang kekinian.


Keywords


Fig bar; tepung sorgum putih; daya terima konsumen

Full Text:

PDF

References


Brannan GL, Setser CS, Kemp KE, Seib PA, and Roozeboom K. 2001. Sensory Characteristics of Grain Sorghum Hybrids with

Potential For Use in Human Food. Journal of American Association of Cereal Chemists, Inc; Cereal Chem. Vol.78. No.6.

Katresna , Nadia, P. 2017. Pengaruh SUbstitusi Tepung Modifikasi Sorgum (Sorghum bicolor L.) Dan Terigu Dengan Penambahan Bekatul Beras (Oryzae sativa L.) Terhadap Karakteristik Cookies. Skripsi Fakultas Teknik. Program Studi Teknologi Pangan. Universitas Pasundan.

Suarni. 2004. Pemanfaatan Tepung Sorgum Untuk Produk Olahan. Jurnal Litbang Pertanian Vol 23 No. 4.

Suarni dan Rauf Patong. 2002. Komposisi Kimia Tepung Sorgum Sebagai Bahan Substitusi Terigu. Jurnal Penelitian Pertanian Tanaman Pangan Vol.21 No.1.

Tarwiyah, H. 2017. Hubungan Frekuensi Konsumsi Bahan Makanan Sumber Gluten dan Kasein Dengan Perilaku Autistik Anak Autis Usia 5-12 Tahun. Skripsi Program Studi Ilmu Gizi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

USDA (United States Departmenet of Agriculture). 2019. Food Data Central. [Online] Available at http://www.fdc.nal.usda.gov/index.html Diakses pada tanggal 27 Desember 2019.

Zubair, A. 2016. Sorgum Tanaman Multi Manfaat. Bandung : Unpad Press.




DOI: https://doi.org/10.15294/teknobuga.v8i2.23284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.