Pengaruh Teknik Pendinginan Pada Pembuatan Menchi Katsu Tahu Ikan Terhadap Daya Terima Konsumen

Dewo Pinta Wirantomo, Yati Setiati Muhaenah, Mahdiyah Mahdiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh subtitusi tahu putih pada pembuatan menchi katsu ikan terhadap daya terima konsumen berdasarkan aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Pastry dan Bakery Program Studi Pendidkan Tata Boga Universitas Negeri Jakarta. Dengan waktu penelitian dimulai pada bulan Mei 2019 hingga Desember 2019. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah menchi katsu tahu ikan dengan teknik pendinginan pada suhu ruang 30°C, suhu refigerator 8°C, dan suhu freezer -9°C kemudian diujikan kepada 30 panelis agak terlatih yang menilai keseluruh aspek. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Friedman dan uji Tuckey pada aspek warna, rasa, dan aroma menunjukan tidak adanya pengaruh teknik pendinginan menchi katsu tahu ikan. Sedangkan pasa aspek tekstur terdapat pengaruh. Kesimpulan hasil penilaian organoleptik secara umum bahwa menchi katsu tahu ikan dengan teknik pendinginan yang paling disukai oleh konsumen dari aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur terletak pada teknik pendinginan suhu freezer -9°C.


Keywords


Teknik Pendinginan; menchi katsu tahu ikan; daya terima konsumen

Full Text:

PDF

References


Andi Nur Rahmiah, Dkk. (2018) Analisis Mutu Nugget Ikan Pisang-Pisang (Casieo Crhysozon) Dengan Penambahan Wortel Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian Vol.4 No.1 Universitas Negeri Makassar.

Asrawaty. Dkk. (2018) Perbandingan Berbagai Bahan Pengikat Dan Jenis Ikan Terhadap Mutu Fish Nugget Jurnal Galung Tropika, Vol.7 No.1 Universitas Alkhairaat.

Christina Litaay, Dkk. (2017) Pengaruh Perbedaan Metode Pendinginan Dan Waktu Penyimpanan Terhadap Mutu Organoleptik Ikan Cakalang Segar. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis Vol. 9 No. 2, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan - Institut Pertanian Bogor.

Gustiarni Utiarahman, Dkk. (2013) Karakteristik Kimia dan Organoleptik Nugget Ikan Layang (Decapterus sp.) yang Disubtitusi dengan Tepung Ubi Jalar Putih (Ipomea batatas L). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. Volume 1, Nomor 3. Universitas Negeri Gorontalo.

If ’all, Dkk. (2018) Mutu Kimia dan Organoleptik Nugget Ikan Tuna dengan Penambahan Berbagai Kombinasi Tepung Wortel. Jurnal Agroindustri Halal ISSN 2442-3548 Volume 4 Nomor 1, Universitas Alkhairaat.

Nurul Khatimah, Dkk. (2018) Studi Pembuatan Nugget Berbahan Dasar Tahu Dengan Tambahan Sayuran Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian Volume 4 Nomor 1. Universitas Negeri Makassar

Puput Seftiani dan Veni Indrawati, M.. 2018. Pengaruh Subtitusi Kupang Putih (Tellina Sp)-Ikan Belanak (Mugil Sp)Dan Penambahan Tepung Kacang Hijau (Phaseolus Vulgaris) Terhadap Sifat Organoleptik Sosis, e-journal Boga, Volume 7, No. 1, Edisi Yudisium Januari 2018 Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.

Winarno, F. G. 1993. Pangan Gizi, Teknologi dan Konsumen. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15294/teknobuga.v8i2.23307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.