Penerapan Aplikasi SIMPeL-12 plus Media Whatsapp dalam Pembelajaran Daring; Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Penyesuaian Perusahaan Dagang
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran daring telah membawa dampak mendasar bagi sekolah dalam mengembangkan learning management system (LMS) untuk menunjang keberhasilan pembelajaran daring pada masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan aplikasi SIMPeL-12 plus media whatsapp dalam pembelajaran daring dan menguji pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dipilih menjadi desain penelitian dan dilaksanakan dalam dua (2) siklus. PTK diterapkan pada mata pelajaran ekonomi di kelas XII MIPA 1 SMA 12 Semarang pada bulan Februari-Maret 2021. Metode pengambilan data yang digunakan adalah tes, kuesioner dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PTK telah berjalan dalam dua siklus. Materi pada siklus pertama adalah penyesuaian akun persediaan barang dagangan. Materi pada siklus kedua adalah penyesuaian akun perlengkapan, penyusutan peralatan, biaya dibayar dimuka, dan biaya yang masih harus dibayar. Hasil pelaksanaan siklus pertama menunjukkan siswa mengalami peningkatan motivasi belajar. Hasil belajar siswa juga lebih baik ditunjukkan nilai rata-rata meningkat dari 68 menjadi 76. Hasil pelaksanaan siklus kedua juga menunjukkan hasil yang sama, bahwa motivasi belajar siswa masih termasuk dalam kategori baik. Siswa antusias untuk mengikuti pelajaran dan menyelesaikan penugasan. Hasil belajar juga mengalami peningkatan ditunjukkan dengan naiknya nilai rata-rata yang diperoleh siswa, dari 78 menjadi 81,80. Sebanyak 62% siswa mampu memperoleh nilai lebih dari 80. Dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai kurang dari 65.