Author Guidelines

Panduan Penulis

Artikel ditulis dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Naskah akan ditinjau terlebih dahulu oleh dewan editorial. Artikel harus diserahkan sebagai file dokumen Word (.doc) atau Rich Text Format (.rtf). Naskah terdiri dari 5000 kata (minimal), diketik dengan baik dalam dua kolom kecuali bagian awal yaitu bagian abstrak dengan kertas ukuran A4, menggunakan 12 pt Times New Roman. Naskah berisi karya asli dan berpotensi memberikan kontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan yang tinggi.

 Naskah harus berisi bagian berikut dalam urutan ini:

1. Judul

Judul artikel dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris harus menggambarkan isi utama artikel, informatif, ringkas, dan tidak terlalu bertele-tele (hanya 12-15 kata), serta tidak mengandung rumus

2. Nama penulis

Nama lengkap tanpa gelar dan gelar akademik, ditulis dengan huruf kapital. Naskah yang ditulis oleh kelompok perlu dilengkapi dengan detail kontak yang lengkap.

3. Nama afiliasi untuk setiap penulis

Nama penulis harus disertai dengan alamat afiliasi lengkap, nomor kode pos, nomor telepon dan alamat email.

4. Abstrak

Ditulis secara singkat dalam indonesia dan bahasa Inggris dalam satu paragraf yang terdiri dari 150-200 kata, berisi latar belakang, tujuan penelitian, metodologi, hasil, kesimpulan penelitian dan kontribusi penelitian Anda untuk sains.

5. Kata kunci

Ditulis dalam bahasa Inggris 3-5 kata atau kelompok kata, ditulis menurut abjad.

6. Pengantar

Menjelaskan latar belakang, masalah, pentingnya penelitian, tinjauan pustaka singkat yang berkaitan langsung dengan penelitian atau temuan sebelumnya yang perlu dikembangkan, dan diakhiri dengan paragraf tujuan penelitian. Keseimbangan harus dijaga antara aspek murni dan terapan dari subjek. Pendahuluan disajikan dalam bentuk paragraf sekitar 1000 kata.

7. Metode

Pastikan bahwa pekerjaan dapat diulangi sesuai dengan detail yang diberikan. Ini berisi informasi teknis dari studi yang disajikan dengan jelas. Oleh karena itu, pembaca dapat melakukan penelitian berdasarkan teknik yang disajikan. Spesifikasi material dan peralatan diperlukan. Pendekatan atau prosedur studi bersama dengan metode analisis data harus disajikan.

8. Hasil dan Pembahasan

Tabel dan atau gambar yang disiapkan dengan baik harus menjadi ciri penting dari bagian ini, karena dapat menyampaikan pengamatan utama kepada pembaca. Setiap informasi yang diberikan dalam tabel dan gambar tidak boleh lagi diulang dalam teks, tetapi teks harus fokus pada pentingnya temuan utama penelitian. Secara umum, makalah jurnal berisi tiga-tujuh gambar dan tabel. Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian dibahas untuk menjawab rumusan masalah, tujuan dan hipotesis penelitian. Sangat disarankan agar diskusi difokuskan pada mengapa dan bagaimana temuan penelitian dapat terjadi dan untuk memperluas temuan penelitian yang dapat diterapkan pada masalah lain yang relevan.

9. Kesimpulan

Kesimpulan harus ditarik atas dasar temuan penelitian, perhatian yang dirumuskan, dan tujuan penelitian. Kesimpulan disajikan dalam satu paragraf tanpa ekspresi numerik. Jelaskan kontribusi penelitian Anda untuk sains.

 

11. Referensi

Naskah ditulis dengan menggunakan aplikasi kutipan standar (Mendeley / Endnote / Zotero). Diperlukan gaya referensi APA (American Psychological Association). Mengutip artikel yang ditulis oleh dua penulis, kedua penulis harus disebutkan, namun untuk tiga atau lebih penulis hanya penulis pertama yang disebutkan diikuti oleh dkk., Misalnya: Rahayu & Sudarsono (2015), Subekti dkk. (2014). Serangkaian referensi harus disajikan dalam urutan tanggal menaik (Retnoningsih et al., 2005; Indriyanti et al., 2007; Rahayuningsih, 2010). Publikasi yang berbeda dengan penulis dan tahun yang sama akan disajikan secara terpisah, sebagai berikut 2013a, 2013b. Referensi data yang tidak dipublikasikan dan komunikasi pribadi tidak boleh muncul dalam daftar tetapi harus dikutip dalam teks saja (misalnya, Rifai MA 2015, pers. Com. (Komunikasi pribadi); Indriyanti DR 2014, data tidak dipublikasikan). Dalam daftar referensi, referensi harus dicantumkan dalam urutan abjad. Lebih kurang 80% referensi untuk tinjauan pustaka haruslah jurnal terbaru (up to date) yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir, tetapi 20% referensi lainnya dapat dikutip dari laporan penelitian dan atau artikel.