MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING BERBANTUAN INQUIRY TRAINING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Renny Nuri Septiani
Saptorini Saptorini
Subiyanto Hadi Saputro

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran reasoning and problem solvingberbantuaninquiry trainingterhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Grabag-Magelang materi pokok kelarutan dan Ksp. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas XI IPA pada semester 2 SMA Negeri 1 Grabag-Magelang tahun ajaran 2011/2012  berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random samplingterpilih kelas XI-IPA-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI-IPA-3 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Uji korelasi diperoleh harga koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,54 dan thitung (6,14) > tTabel (1,67), dan melalui perhitungan koefisien determinasi diperoleh besarnya kontribusi 29,12%.Penerapan model pembelajaran reasoning and problem solving berbantuan inquiry training berkontribusi sebesar 29,12% terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok kelarutan dan Ksp. Model Reasoning nad Problem Solving berbantuan Inquiry Training berkontribusi terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grabag-Magelangdan menunjukkan hasil lebih baik daripada siswa yang hanya diberi metode Konvensiaonal pada materi pokok kelarutan dan Ksp.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Rayandra dan Asrial. 2011. Model Inquiry Training. Diunduh dihttp://kbmefektif.wordpress.com/2011/02/10/model-inquiry-trqining/ pada tanggal 4 januari 2012
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mulyasa, E. 2007.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sabili,H. 2011. Model pembelajaran Inquiry Training.Diunduh di www.SustainedStruggleforLife/ModelPembelajaranInquiryTraining/pada tanggal 4 Januari 2012
Santyasa, I.W. 2004. Model Problem Solving dan Reasoning Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif.Makalah disajikan dalam konvensi nasioanal pendidikan indonesia (konapsi) V, Surabaya, 5-9 Oktober 2004.

Most read articles by the same author(s)