Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Efektivitas Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) Pada Perangkat Seluler dalam industri Arsitektur dan Jasa Konstruksi

  • A S Sulistianingsih Universitas Negeri Malang
  • Hakkun Elmunsyah Universitas Negeri Malang
  • Djoko Kustono Universitas Negeri Malang
Keywords: Aplikasi ICT, Augmented Reality, Industri Jasa Konstruksi, Perangkat Seluler, Persepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen dan mahasiswa terhadap efektivitas penggunaan teknologi AR untuk industri arsitektur dan jasa konstruksi serta tugas-tugas yang terkait, melalui penggunaan perangkat seluler. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Sampel pada penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa program studi arsitektur Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA Malang. Instrumen penelitian dikembangkan dari hasil studi literatur dan studi pendahuluan untuk membangun basis pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi AR. Kuesioner terbagi menjadi: 1) Informasi Umum: untuk mengidentifikasi latar belakang responden; 2) Pengetahuan tentang AR/VR: untuk menilai pemahaman responden tentang AR; 3) AR di industri konstruksi: untuk mengukur pandangan peserta tentang kesesuaian AR untuk tugas konstruksi; dan 4) Fokus Studi: untuk mengukur kelayakan mengadopsi solusi AR di industri konstruksi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap penerapan teknologi AR untuk konstruksi umumnya positif. Anomali tak terduga di sini tampaknya adalah Pendidikan dan Jejaring Sosial hanya 3 dan 4 orang yang percaya bahwa teknologi VR dan AR akan sangat bermanfaat. Teknologi AR akan berguna untuk tugas-tugas konstruksi tetapi akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan di beberapa area tertentu (seperti manajemen proyek/lokasi serta inspeksi dan pemeliharaan), jika cakupannya lebih luas dan lebih detail.

References

Bin, F., Xi, Z., Yi, C., & Ping, W. G. (2019). Construction safety education system based on virtual reality. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 563(4). https://doi.org/10.1088/1757-899X/563/4/042011

Chi, H. L., Kang, S. C., & Wang, X. (2013). Research trends and opportunities of augmented reality applications in architecture, engineering, and construction. Automation in Construction, 33(August), 116–122. https://doi.org/10.1016/j.autcon.2012.12.017

Elshafey, A., Saar, C. C., Aminudin, E. B., Gheisari, M., & Usmani, A. (2020). Technology acceptance model for augmented reality and building information modeling integration in the construction industry. Journal of Information Technology in Construction, 25(August 2018), 161–172. https://doi.org/10.36680/j.itcon.2020.010

Ervianto, W. I. (2018). Studi Tentang Daya Saing Penyedia Jasa Konstruksi Dalam Perspektif Konstruksi Berkelanjutan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 7–15.

Firdanu, R., Achmadi, S., & Adi Wibowo, S. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276–282. https://doi.org/10.36040/jati.v4i2.2657

Han, J., & Kim, G. (2013). Virtual Constructions Design using 3ds Max. 1–6.

Hasan, S. M., Lee, K., Moon, D., Kwon, S., Jinwoo, S., & Lee, S. (2022). Augmented reality and digital twin system for interaction with construction machinery. In Journal of Asian Architecture and Building Engineering (Vol. 21, Issue 2, pp. 564–574). https://doi.org/10.1080/13467581.2020.1869557

Hatmoko, J. U. D., Wibowo, M. A., Kristiani, F., Khasani, R. R., Hermawan, F., RizkiFatmawati, & Sihaloho, G. D. (2020). Edukasi Building Information Modeling ( BIM ) pada Kontraktor Kecil. Jurnal Pasopati, 2(3), 198–202. http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati

Indriyani, T. W., & Suryanto, A. (2021). Markerless Augmented Reality ( AR ) pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Transmisi Manual Mobil. Edu Komputika Journal, 8(1), 57–67.

Kazaz, A., Manisali, E., & Ulubeyli, S. (2008). Effect of basic motivational factors on construction workforce productivity in Turkey. Journal of Civil Engineering and Management, 14(2), 95–106. https://doi.org/10.3846/1392-3730.2008.14.4

Machado, R. L., & Vilela, C. (2020). Conceptual framework for integrating bim and augmented reality in construction management. Journal of Civil Engineering and Management, 26(1), 83–94. https://doi.org/10.3846/jcem.2020.11803

Manzoor, B., Othman, I., & Pomares, J. C. (2021). Digital technologies in the architecture, engineering and construction (Aec) industry—a bibliometric—qualitative literature review of research activities. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(11). https://doi.org/10.3390/ijerph18116135

Nelson, N., & Tamtana, J. S. (2019). Faktor Yang Memengaruhi Penerapan Building Information Modeling (Bim) Dalam Tahapan Pra Konstruksi Gedung Bertingkat. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 2(4), 241. https://doi.org/10.24912/jmts.v2i4.6305

Noghabaei, M., Heydarian, A., Balali, V., & Han, K. (2020a). Trend analysis on adoption of virtual and augmented reality in the architecture, engineering, and construction industry. In Data (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.3390/data5010026

Noghabaei, M., Heydarian, A., Balali, V., & Han, K. (2020b). Trend analysis on adoption of virtual and augmented reality in the architecture, engineering, and construction industry. Data, 5(1). https://doi.org/10.3390/data5010026

Piroozfar, A., Farr, E. R. P., Boseley, S., Essa, A., & Jin, R. (2018). The application of Augmented Reality (AR) in the Architecture Engineering and Construction (AEC) industry. The Tenth International Conference on Construction in the 21st Century (CITC-10), 1997. http://eprints.brighton.ac.uk/18289/

Raajana, N. R., Suganya, S., Hemanand, R., Janani, S., Sarada Nandini, N., & Ramanan, S. V. (2012). Augmented reality for 3D construction. Procedia Engineering, 38, 66–72. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2012.06.010

Radianti, J., Majchrzak, T. A., Fromm, J., & Wohlgenannt, I. (2020). A systematic review of immersive virtual reality applications for higher education: Design elements, lessons learned, and research agenda. Computers and Education, 147(July 2019), 103778. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103778

Ratajczak, J., Riedl, M., & Matt, D. T. (2019). BIM-based and AR application combined with location-based management system for the improvement of the construction performance. Buildings, 9(5). https://doi.org/10.3390/buildings9050118

Rizqy, R. M., Martina, N., & Purwanto, H. (2021). Perbandingan Metode Konvensional Dengan Bim Terhadap Efisiensi Biaya, Mutu, Waktu. Construction and Material Journal, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.32722/cmj.v3i1.3506

Russo, M. (2021). AR in the architecture domain: State of the art. Applied Sciences (Switzerland), 11(15). https://doi.org/10.3390/app11156800

Schickler, M., Reichert, M., Geiger, P., Winkler, J., Funk, T., Weilbach, M., & Pryss, R. (2020). Flexible development of location-based mobile augmented reality applications with AREA: Implementation of a serious game shows the flexibility of AREA. Journal of Ambient Intelligence and Humanized Computing, 11(12), 5809–5824. https://doi.org/10.1007/s12652-020-02094-9

Sulistianingsih, & Kustono, D. (2022). Potensi Penggunaan Teknologi Augmented Reality ( AR ) dan Virtual Reality ( VR ) dalam Pembelajaran Sejarah Arsitektur di Era Pandemi Covid-19. 07(4), 10–18.

Sutal, Y., Pingak, R. K., Ahab, A. S., & Baunsele, S. D. (2019). BUILDING INFORMATIONMODELING (BIM) SOFTWARE PADA PERANCANGAN GEDUNG BETON BERTULANG UNTUKMENDUKUNG INDUSTRI 4.0 DALAM BIDANG JASA KONSTRUKSI Partogi. SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNIK FST UNDANA (SAINSTEK), June, 278–289.

Tahara, T., Seno, T., Narita, G., & Ishikawa, T. (2020). Retargetable AR: Context-Aware Augmented Reality in Indoor Scenes based on 3D Scene Graph. Adjunct Proceedings of the 2020 IEEE International Symposium on Mixed and Augmented Reality, ISMAR-Adjunct 2020, 249–255. https://doi.org/10.1109/ISMAR-Adjunct51615.2020.00072

Wang, X., Kim, M. J., Love, P. E. D., & Kang, S. C. (2013). Augmented reality in built environment: Classification and implications for future research. Automation in Construction, 32(August 2021), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.autcon.2012.11.021

Widodo, A., & Utomo, A. B. (2021). Media Pembelajaran Taksonomi Hewan Berbasis Augmented Reality dengan Fitur Multi Target. Edu Komputika, 8(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom

Willar, D., Waney, E. V. Y., Pangemanan, D., & Mait, R. (2019). Penerapan Konstruksi Berkelanjutan Pada Pembangunana Infrastruktur. Polimdo Press, 1–99.

Xu, Z., & Zheng, N. (2021). Incorporating virtual reality technology in safety training solution for construction site of urban cities. Sustainability (Switzerland), 13(1), 1–19. https://doi.org/10.3390/su13010243

Zaher, M., Greenwood, D., & Marzouk, M. (2018). Mobile Augmented Reality Applications for construction projects. Construction Innovation: Information, Process, Management, 18, 152–166. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/CI-02-2017-0013/full/html

Zhou, J., & Hoever, I. J. (2014). Research on Workplace Creativity: A Review and Redirection. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 1, 333–359. ttps://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-031413-091226

Published
2022-06-30
How to Cite
Sulistianingsih, A., Elmunsyah, H., & Kustono, D. (2022). Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Efektivitas Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) Pada Perangkat Seluler dalam industri Arsitektur dan Jasa Konstruksi. Edu Komputika Journal, 9(1), 44 - 52. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i1.56586