PENINGKATAN HASIL BELAJAR ENGLISH LISTENING SKILL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI “SMARTY WAY†BERBASIS ANDROID
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan sebuah aplikasi android yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran listening bahasa Inggris, mengimplementasi aplikasi tersebut dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling menggunakan rumus Isaac dan Michael dan didapatkan responden 37 siswa kelas XI di SMA Negeri Banyumas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji-t untuk menguji hipotesis dan Uji Gain untuk mengetahui signifikansi peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan aplikasi android. Simpulan dari penelitian ini yaitu secara keseluruhan siswa dapat memahami dan menggunakan aplikasi android dengan baik serta mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah dilaksanakan pembelajaran
Â
The purpose of this study was to determine how to develop an android application that can be used to support the learning of English listening, implementing such applications in order to improve learning outcomes and student interest. Sampling was done by purposive sampling using formulas Isaac and Michael and obtained the respondents 37 students of class XI SMA in Banyumas. Data collection instruments used are tests and questionnaires. The analysis technique used is the t-test to test the hypothesis and Gain Test to determine the significance of improving student learning outcomes after learning performed using android application. The conclusions of this study is overall student can understand and use android application well and experienced a significant increase in learning outcomes after learning implemented.
References
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Syarifudin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Eken, D. T., and Şükran, D. 2014. The Types and the Functions of the Listening Activities in Turkish and English Course Books. Procedia Social and Behavioral Sciences, 152, 989 – 994.
Habidin, M. M., B.E. Purnama., & G. Kristianto. 2013. Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semester Ganjil pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif. Indonesian Jurnal on Computer Science.
Hanafi, H. F. and Samsudin, K. 2012. Mobile Learning Environment System (MLES): The Case of Android-based Learning Application on Undergraduates’ Learning. International Journal of Advanced Computer Science and Applications 3 (3), 63-66.
Hemmati, F., and Esmaeil, G. 2014. The Effect of Four Formats of Multiple-choice Questions on the Listening Comprehension of EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 637 – 644.
Hwang, W-Y.Huang, Y-M., Shadiev, R., Wu, S-Y., & Chen, S-L. 2014. Effects of Using Mobile Devices on English listening Diversity and Speaking for EFL Elementary Students. Australasian Journal of Educational Technology 30 (5), 503-516.
Margono. 2005. Metodologi Penelitian Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Miangah, T.M., and Amin, N. 2012. Mobile Asissted Language Learning. International Journal of Distributed and Parallel Systems (3) 1.
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 1.
Satyaputra, Alfa dan Eva Maulina Aritonang. 2014. Beginning Android Programming with ADT Bundle: Panduan Lengkap untuk Pemula Menjadi Android Programmer. Jakarta: Elex Media Computindo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, Joko. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational 1 (2).
Sutjiono, Thomas Wibowo Agung. 2005. Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur (4).
Wahyudin, Sutikno dan A. Isa. 2010. Keefektifan Pemebalajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6, 58-62.
Wiyono. 2013. Pembelajaran Matematika Model Concept Attainment Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segitiga. Journal of Educational Research and Evaluation 2 (1).
Wulandari, Lina dan Nurhadi Waryanto. 2012. Pemanfaatan Cabri 3D dalam Media Interaktif Berbasis Inkuiri pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
Wu-Yuin Hwang, Timothy K. Shih, Zhao-Heng Ma, Rustam Shadiev & Shu-Yu Chen (2015): Evaluating listening and speaking skills in a mobile game-based learning environment with situational contexts, Computer Assisted Language Learning, DOI:10.1080/09588221.2015.1016438.