PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOLAH DATA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL 2007

  • Syaerozi Syaerozi Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Eko Supraptono Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sutarno Sutarno Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Drill method, Interactive multimedia, Data process

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam keterampilan mengolah data melalui penerapan metode pembelajaran drill berbantuan multimedia interaktif di SMA Walisongo Semarang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kuantitaif dan kualitatif Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi siswa pada siklus I rata-rata nilai keseluruhan yaitu 62,85. Pada siklus II rata-rata nilai untuk seluruh siswa yakni 80. (2) Aktivitas belajar siswa untuk siklus I mememperoleh rata-rata skor 72,2% dengan kriteria pembelajaran cukup baik. Untuk siklus II, diperoleh nilai rata-rata skor 84,6% dengan kriteria baik.

 

The purpose of this research for increasing the activity and the result of student learning in skill data process implementing of drill method of learning by using interactive multimedia at SMA Walisongo Semarang. The research is action class research. The population of this research are students in eleventh grade of SMA Walisongo, the sample of the research are students in XI IPA that consist of 21 students. The techniques of collecting data are observation, test, and documentation. While the data analysis used quantitative and qualitative research. The result of the research in cycle one shows that: (1) Competency of student at cycle one the all mean values are 62.85. And the cycle two the mean values for all students are 80. (2). Students learning activity for cycle one get mean score are 72.2% with good enough criteria. And then cycle two, the mean score are 84.6% with good criteria.

Author Biographies

Syaerozi Syaerozi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Eko Supraptono, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Sutarno Sutarno, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Hakim A. R. dan M. B Harahap. 2013. Upaya Penguatan Struktur Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Pemberian LKS Terstruktur Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Online Pendidikan Fisika 2(1): 33-41.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan Sepuluh. Pustaka Setia. Bandung

Hasrul. 2010. Langkah-langkah Pengembangan Pembelajaran Mulitmedia Interaktif. Jurnal MEDITEK 2(1)

Kamsinah. 2008. Metode dalam Proses Pembelajaran Studi Tentang Ragam dan Implementasinya. Jurnal Lentera Pendidikan 11(2): 101-114.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbantuan Komputer. Cetakan Kedua. Alfabeta. Bandung.

Suhardjono. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan kedua belas. Bumi Aksara. Jakarta.

Susilowati, E., S. Santoso, dan N. Hamidi. 2013. Penggunaan Metode Pembelajaran Drill sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal JUPE UNS 1(3): 1-10.

Syaerozi. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengolah Data Menggunakan Microsoft Excel 2007. Skripsi. Universitas Negeri Semarang (UNNES). Semarang

How to Cite
Syaerozi, S., Supraptono, E., & Sutarno, S. (1). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOLAH DATA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL 2007. Edu Komputika Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/edukomputika.v2i2.7860