IMPLEMENTASI E-KONSELING PADA SOCIAL LEARNING NETWORK

  • Rizal Yugo Prasetyo Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Djuniadi Djuniadi Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: social learning network, e-konseling, e-learning

Abstract

Ada berbagai jenis perangkat lunak e-learning, salah satunya adalah social learning network. Berdasarkan  hasil-hasil  penelitian yang telah dilakukan,  didapatkan  satu  faktor  penting dalam  pengembangan e-learning yang  belum  dikaji  yaitu tentang pengembangan fitur konseling online dalam e-learning sehingga dalam penelitian ini akan diimplentasikan fitur-fitur konseling online (e-konseling) pada social learning network. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi social learning network dengan fitur e-konseling, mengetahui fitur-fitur e-konseling yang dapat diimplementasikan pada e-learning dan untuk menguji kualitas sistem yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode waterfall yang dimulai dari proses analisis kebutuhan, desain, pengkodean, dan diakhiri dengan pengujian perangkat lunak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil (1) telah dihasilkan aplikasi social learning network dengan fitur e-konseling yang memiliki kelebihan antara lain konselor mendapatkan data pembelajaran siswa sebagai pendukung konseling, konselor dapat berkolaborasi dengan guru dan orangtua, (2) ada beberapa fitur layanan bimbingan dan konseling yang dapat diterapkan pada aplikasi social learning network yang terintegrasi dengan e-konseling yaitu layanan informasi, layanan pengumpulan data, konseling individual dan kolaborasi dengan guru maupun orangtua, (3) hasil pengujian alpha, pengujian ahli, pengujian beta menunjukan sistem yang dikembangkan masuk pada kategori sangat baik.

 

There are different types of e-learning software, one of which is social learning network. Based on the results of research that has been done, obtained an important factor in the development of e-learning that has not been studied, namely on feature development of online counseling in e-learning so that in this study will be implemented many features of online counseling (e-counseling) on ​​social learning network. The purpose of this research is to make an application of social learning network using the features of e-counseling, to know the features of e-counseling that can be implemented in e-learning and to test the quality of the developed system. The method used in the development of this system is the waterfall method that starts from the needs analysis, design, coding, and ending with testing software. Based on the research conducted, the results (1) has been produced an application of social learning network with the features of e-counseling which hassome advantages such as a counselor can get the data of student learning achievement for supporting the counseling, the counselor can collaborate with teachers and parents, (2) there are some features of the guidance and counseling servicethat can be applied on the application of social learning network that is integrated with e-counseling is service information, service data collection, individual counseling and collaboration with teachers and parents, (3) the results of alpha testing, experts testing, beta testing showed the system developed in this study achieves very good results.

Author Biographies

Rizal Yugo Prasetyo, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Djuniadi Djuniadi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Depdiknas. 2008. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.

Djuniadi. 2012. Fitur Motivasi Pembelajaran Online dengan Pendekatan Pre-Defined Set. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 1, Februari 2012. Hal 41-52.

Halimi, K., Seridi, H., Zucker, C.F. 2011. Solearn : Social Learning Network. International Conference and Computational Aspects of Social Network (CASoN). 130-135.

Ifdil. 2013. Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan Vol 1, No 1, Februari 2013, Hlm 15-21.

Lahinta, A. 2010. Berbagai Model Inovasi Pembelajaran dengan dukungan Teknologi Informasi. Prosiding, Seminar Internasional Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia yang diselenggarakan oleh FTK UNDIKSHA, tanggal 29 April 2010. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha.

National Board for Certified Counselors. 2001. The practice of online counseling.

Nabilah. 2010. Pengembangan Media Layanan Konseling Melalui Internet di Perguruan Tinggi (Studi Keterbacaan Media Layanan Konseling Melalui Internet di Universitas Negeri Jakarta). Universitas Negeri Jakarta.

Prayitno, Amti, E. 2004. Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Pusat Perbukuan Nasional dan PT Rineka Cipta.

Subiyantoro, E., Nugraha, H.C., Ratih, C.K., dan Nosyrafil, R.R. 2013. Simulasi Digital Jilid 1. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Walgito, B. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wiliis, S.S. 2004. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung : Penerbit Alfabeta Bandung.

Published
2015-12-01
How to Cite
Prasetyo, R., & Djuniadi, D. (2015). IMPLEMENTASI E-KONSELING PADA SOCIAL LEARNING NETWORK. Edu Komputika Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/edukomputika.v2i2.7847