MANAJEMEN BUDAYA SEKOLAH SMP NEGERI 1 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN

  • Pono Raharjo Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
Keywords: Planning Actuating Controlling of School Culture

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis secara mendalam perencanaan Program Budaya Sekolah; pelaksanaan Rencana Kerja Budaya Sekolah; pengawasan Budaya Sekolah, yang berfokus pada Manajemen Budaya Sekolah Peneliti menggunakan metode deskriptif kaulitatif. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, peneliti menggunakan sample purposive dan menggunakan tehnik penelitian sampel bola salju atau snowball sample. Dari hasil penelitan yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (a) SMP Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan telah memiliki prosedur yang baku dalam pengelolaan budaya sekolah, (b) dalam setiap penyusunan rencana program budaya sekolah, selalu melibatkan seluruh warga sekolah, termasuk siswa; (c) sebelum pelaksanaan program dijalankan, pihak pengelola budaya sekolah memberikan sosialisasi yang cukup kepada seluruh siswa; dan (d) dalam pengawasan budaya sekolah, dijalankan secara berlapis dari guru, wakil kepala sekolah, kepala sekolah, komite sekolah, dan pengawas sekolah.

 

Abstract

This study was conducted because of SMP Negeri 1 Kajen Pekalongan has established standard procedures and the management of the school culture. The research was conducted with the hopeto provide input and advice toother schools in the district Pekalongan in order to improve thequality of education. This study uses descriptive kaulitatif. From the results of research conducted, obtained the following results: (a) SMP Negeri 1 Kajen Pekalongan have standard procedures in the management of the school culture, (b) In any school cultural program planning, always in volves the entireschool community, including students, (c) before the program starts, the manager of the school culture providead equate socialization to all students; (d) under the supervision of the school culture, executedin layer sof teachers, vice-principals, principals, school committees and school superintendent.

Author Biography

Pono Raharjo, Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Deparetemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Diretroat Pembinaan SMA. 2008. Panduan Penyusunan Program Kerja Rintisan SKM SBI. http://www.scribd.com/doc/12034605/5. Diakses tanggl 2 Januari 2013

Haryati, S. 2011. Pengembangan Model Manajemen Pembiayaan dengan Menerapkan Prosedur Mutu di Sekolah Menengah Pertama Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Kota Magelang. Disertasi. Semarang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Milles, BM and Huberman, A.M. 1992. Analisa Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L.J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor: 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 51 Tahun 2011 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOS.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta:Depdiknas.

Permendiknas RI Nomor19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Tilaar, HAR. 2006. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

How to Cite
Raharjo, P. (1). MANAJEMEN BUDAYA SEKOLAH SMP NEGERI 1 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Educational Management, 2(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/1281
Section
Articles