KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 LANGENHARJO KOTA KENDAL

  • Sukarjo - Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
Keywords: Leadership, Principal

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam: merencanakan program; melaksanakan program; pengawasan dan evaluasi program; dan mengatasi hambatan pelaksanaan program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, setting penelitian di SD Negeri 1 Langenharjo Kendal. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, analisis data menggunakan analisis kualitatif melalui langkah kegiatan: reduksi; penyajian data; penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : perencanaan kepala sekolah antara lain menyusun program tahunan sekolah; pelaksanaan program sekolah dan program pembelajaran, dilakukan secara rutin terjadwal; pengawasan dan evaluasi dilakukan secara rutin dan terjadwal. untuk memperoleh masukan tentang target dan kemajuan sekolah, melibatkan komponen dan stakeholder sekolah.

 

Abstract

The objectives are describing and analyzing of the principal leadership on Mapping out program; Implementation of program; Supervising and evaluating program; Coping with some obstacles in implementation of program. The researcher formulated four of reseach questions as follow, How is the principal leadership in planning program; applying his program; supervising and evaluating his program; coping with some obstracles in applying his program?. The research design is applying qualitative approach, the setting of place at Langunharjo’s State Elementary School 1 in Kendal regency. Data colection are taken from observations, interviews and documentations, the data were analyzed into: reduction; data presentation; conclusion and verification. The result of the reasech shows that the planning that was conducted by principal some of them are making upon annual program; the implementation of program on teaching and learning program was conducted in line with school’s agenda; supervising and evaluating are regularly done based on the agenda.

Author Biography

Sukarjo -, Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Bogdan, R.C. dan Sari Knopp Biklen. 1990. Riset Kualitatif Untuk Pendidikan, Pengantar ke Teori dan Metode, Ahli Bahasa Munandir : Jakarta (PAU-PPA). Universitas Terbuka.

Danim, Sudarwan. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta : Bumi aksara.

Djadjamihardja, Didi R, et al. 1994. Kepemimpinan dan Gaya Kepemimpinan Serta Efektivitas Kepemimpinan. Jakarta : Institut Bankir Indonesia.

Harsey, Paul. 1994. Kunci Sukses Pemimpin Situasional. Jakarta: Delapratasa.

Hasibuan, Malayu S.P 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara.

Joewono, Heri. 2002. Pokok-Pokok Kepemimpinan Abad 21. Jakarta: Balai Pustaka.

Miles, B.M & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kuaalitatif. Buku sumber tetang Metode-Metode Baru. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung PT. Remaja Rosda Karya.

Soekanto. RH dan Hani T. 1992. Organisasi Perusahaan. Jogjakarta : BPFE

Terry, R.G. 2005. Dasar-Dasar manajemen. Jakarta:Bumi Aksara.

How to Cite
-, S. (1). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 1 LANGENHARJO KOTA KENDAL. Educational Management, 2(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/1284
Section
Articles