SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS SHARING OF EXPERIENCEUNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK

  • Sigit Gunawan Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Sugiyo Sugiyo Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Masrukan Masrukan Pendidikan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisa dan mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik saat ini (model faktual), menghasilkan model supervisi akademik yang sesuai kebutuhan (model hipotetik), keefektifan supervisi akademik berbasis sharing of experience (model final).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development, yang dibagi dalam tiga tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi, sehingga menghasilkan model yang siap diujicoba. Tahap evaluasi (uji coba terbatas) menggunakan one group pretest-posttest design untuk mengetahui keefektifan model dan uji statistik menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan supervisi akademik selama ini dinilai kurang efektif. Supervisi akademik yang sesuai dengan kebutuhan guru adalah supervisi akademik berbasis sharing of experience yang melibatkan pengawas dan guru yang disupervisi. Hasil uji coba menunjukkan keefektifan supervisi, di mana terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam mengajar sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (postest). Peneliti menyimpulkan model supervisi akademik berbasis sharing of experience ini efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru produktif pelayaran. Model ini dapat menjadi pedoman bagi pengawas dalam melakukan supervisi akademik.

Published
2017-02-23
How to Cite
Gunawan, S., Sugiyo, S., & Masrukan, M. (2017). SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS SHARING OF EXPERIENCEUNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK. Educational Management, 5(2), 107-114. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/12965
Section
Articles