PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBANTUAN E-SUPERVISION BERBASIS WEB
Abstract
Pengembangan model supervisi akademik berbantuan e-supervision berbasis web adalah suatu model supervisi akademik dengan menggunakan alat bantu media ICT berbasis web. Tujuannya adalah mendeskripsikan pelaksanaan supervisi saat ini, mengembangkan model, validasi model dan menganalisis efektifitas model. Metode penelitian ini adalah Research and Development. Studi pendahuluan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, angket dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi yang disempurnakan dengan teknik delphi. Tahap evaluasi menggunakan one group pretest–postest design untuk mengetahui efektifitas model. Supervisi akademik yang dilakukan pengawas sekolah saat ini ditemukan beberapa tantangan yaitu: (1) jumlah pengawas SMK di Kabupaten Wonogiri tidak sebanding dengan jumlah sekolah binaan; (2) letak geografis antara sekolah yang satu dengan yang lain cukup jauh; dan (3) komunikasi guru dan pengawas hanya terbatas pada kunjungan pengawas;. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan dikembangkan sebuah model supervisi akademik berbantuan e-supervision berbasis web. Model konseptual tersebut selanjutnya divalidasi oleh ahli dan praktisi menghasilkan model hipotetik yang valid dan selanjutnya dilakukan ujicoba terbatas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) model faktual pelaksanaan supervisi akademik masih terdapat kelemahan; (2) model yang dikembangkan divalidasi dengan tingkat kevalidan sangat baik; (3) model yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kompetensi ICT guru. Saran dari penelitian ini diharapkan tidak hanya diujicobakan pada skala terbatas melainkan dapat dilanjutkan pada uji coba model pada skala yang lebih luas.