PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI JEPARA

  • Yeni Murniasih Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Djuniadi Djuniadi Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Rahardjo Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisi : (1) pengaruh langsung supervisi akademik terhadap kinerja guru, (2) pengaruh langsung komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, (3) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (4) pengaruh supervisi akademik terhadap motivasi kerja, (5) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja, (6) pengaruh tidak langsung supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja, (7) pengaruh tidak langsung komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: supervisi akademik berpengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 0,336 atau 33,6%, komunikasi interpersonal berpengaruh positif terhadap motivasi kerja sebesar 0,339 atau 33,9%., supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 0,197 atau 19,7%, komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 0,196 atau 19,6%dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 0,444 atau 44,4%. Supervisi akademik berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja guru. Secara tidak langsung supervisi berpengaruh terhadap kinerja guru melalui motivasi sebagai mediasinya dengan kontribusi sebesar 5,6040. Komunikasi interpersonal berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja sebagai mediasinya dengan kontribusi sebesar 5.0727

Published
2017-02-23
How to Cite
Murniasih, Y., Djuniadi, D., & Rahardjo, T. (2017). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI JEPARA. Educational Management, 5(2), 148-155. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/12971
Section
Articles