MODEL IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL

  • Alif Laela Nez Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Implementation, Character Education, Curriculum 2013

Abstract

SMAN 4 Tegal merupakan piloting project nasional dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk mengkaji lebih mendalam secara ilmiah untuk mengadakan penelitian tentang “ Model Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum 2013 di SMAN 4 Tegal “ dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan karakter. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis dan bersifat induktif, hasil penelitian lebih menekankan pada makna. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian, perencanaan dilaksanakan dengan mengidentifikasi kebutuhan, merumuskan visi, misi dan menetapkan program yang terkait dengan nilai - nilai karakter. Dalam pengorganisasian adanya tim teknis pelaksana pendidikan karakter. Pelaksana pendidikan mengacu pada kurikulum 2013. Pengawasan pendidikan karakter dilakukan melalui pengawasan internal oleh kepala sekolah dan pengawas eksternal oleh komite dan pengawas sekolah secara terpadu dan kontinu. Simpulan dari penelitian ini ialah SMAN 4 Tegal telah melaksanakan pendidikan karakter dengan baik. Saran dari peneliti, keteladanan guru dan warga sekolah agar menjadi prioritas utama dalam membentuk budaya sekolah yang berkarakter.

 

SMAN 4 Tegal is piloting national project in implementating character education. Therefore the researchers were interested in more depth scientifically to conduct research on “ Implementation of Model-Based Character Education Curriculum 2013 in SMAN 4 Tegal “ with purpose to describe the planning, organization, implementation and supervision of character education. The approach of This study is a qualitative with descriptive methods and inductive analysis, the result further emphasize the meaning. Data collection techniques using observation, interview and documentation. Data analysis is used by interactive analisiss models. Data validation techniques using triangulation techniques and sources of data. The results of the research, planning carried out by identifying needs, formulating a vision, mission, and establish programs related to the value of any character in organizing the technical team implementing character education. Implementation of education refers to the curriculum in 2013. Supervision of character education is done through internal control by the principal and external supervision by the supervisory committee and the school in an integrated and continuous. Conclusion, tegal has conducted education SMAN 4 character well. Suggestion from researchers, exemplary teachers and schools communities to be the main preoritas in shaping school culture character

References

Aqib Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung : Yrama Widya

Darmiyatun, Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Gava Media

Doni Kusuma A. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta :Gramedia Widiasarana Indonesia

Elkind, DH & Freddy Swet dalam Arif Rakhman. 2011. How to do Character Education. Diambil pada tanggal 29 Desember 2013 dari www.

goodcharacter.com

Fitriyani Feni, Suryana. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama Heri Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung : Alfabeta

Hikmat. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia

http://Guru-Indonesia.net/form/form-topik-isi 29 Hml (Update : 15 Januari 2014)

James D. Russel. 1984. Modular Instruction : A Guide to Design, Selection, Utilization and Evaluation of Modular Materials. Menneapolis : Burgess Publishing Company

leong. Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Muzamiroh Latifatul Mida, SS. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013 Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013. Cetakan Pertama. Jakarta : Kata Pena

Nana Sanjaya. 2002. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Nana Syaodih Sukmadinata. 2004. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Bandung : Remaja Rosda Karya

oemar, H. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Qomaruzzaman. B. 2012. Membangun Budaya Sekolah. bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Saebani, A. 2013. Manajemen penelitian. Bandung : CV. Pustaka Setia

Sahlan Asmaun dan Prasetyo Teguh Angga. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Karakter. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jogjakarta : Pedagogia www.kusminah. Journal International, Journal of Education

Research and Evaluation. http://journal. unnes.ac.id/sju/index.php/jere diunduh Senin Tanggal 6 Januari 2014

How to Cite
Nez, A. (1). MODEL IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL. Educational Management, 3(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/4376
Section
Articles