PENGARUH FASILITAS SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN SISWA MELALUI MUTU LAYANAN DI SMA SWASTA SEKECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG
Abstract
Siswa SMA swasta sekecamatan Pedurungan kota Semarang banyak yang mengeluh atas layanan sekolah seperti lingkungan sekolah yang terlalu ramai dan kurang terawat, kinerja pegawai sekolah yang rendah, fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya daya tanggap guru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menguji hipotesis yang diajukan berdasarkan teori. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA swasta di kecamatan Pedurungan kota Semarang sebanyak 149 orang, sedangkan sampel 105 orang diambil secara proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan spss 21. Hasil penelitian yang direkomendasikan adalah fasilitas sekolah berpengaruh langsung terhadap kepuasan siswa dengan nilai koefisien jalurnya sebesar 0,331. Saran yang dapat disampaikan yaitu setiap sekolah perlu memperbaiki fasilitas layanan sekolah dengan cara memanfaatkan dana BOS layanan sekolah menjadi lebih bermutu untuk meningkatkan kepuasan siswa.
Â
The private high school students at Pedurungan Semarang who complain on school services such as school environment is too crowded and poorly maintained, low performance school personnel, inadequate facilities and lack of responsiveness of teachers. This research is a quantitative study to test the hypothesis based on theory. This study population is a private high school students in the district Pedurungan Semarang as 149 people, while 105 samples were taken by proportional random sampling. Data were collected by questionnaire. Data were analyzed using path analysis with the help of SPSS 21. The results are recommended school facilities directly influence student satisfaction with the value of the path coefficient of 0.331. Suggestions can be submitted that every school needs to improve school facilities by utilizing the services of BOS funds schools become more quality services to improve student satisfaction.
References
Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia
Purwanto, Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset
Sallis, Edward. 2010. Total Quality Management in Education (terjemahan Ahmad). Yogyakarta: Ircisod
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Snipes, Robin L. 2005. The effects of specific job satisfaction facets on customer perceptions of service quality: an employe level analysis dalam jurnal Sciencedirect. Vol. 58, Issue 10
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta