PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI SMP NEGERI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG PROVINSI JAWA TIMUR
Abstract
Supervisi akademik yang bermutu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi mutu pembelajaran. Fokus permasalahan penelitian adalah bagaimanakah model supervisi akademik yang selama ini dilaksanakan, dan bagaimanakah model supervisi yang valid untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model faktual, dan mengembangkannya menjadi model supervisi akademik yang valid dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Data model supervisi akademik dikumpulkan dengan mewawancarai sepuluh orang pengawas SMP di Kabupaten Tulungagung. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif, dan triangulasi data studi dokumen, hasil kuesioner dan wawancara dengan guru untuk mendeskripsikan model faktual. Model faktual supervisi akademik yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah selama ini terdiri dari tiga tahap. Pada tahap pengembangan, disain model supervisi akademik berbasis total quality management, upaya pengembangan dan pemberdayaan pengawas sekolah dimasukkan untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah dan untuk mengoptimalkan kinerja pengawas. Desain model supervisi akademik berbasis total quality management dikembangkan dan divalidasi oleh tiga ahli dan praktisi dari pengawas sekolah. Hasil validasi dari pakar dan praktisi ini kemudian dianalisis secara kualitatif untuk menyempurnakan model hipotetik dan diujicobakan secara terbatas pada pengawas sekolah. Disarankan agar model supervisi akademik berbasis total quality management ini dapat diimplementasikan oleh pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru.
Â
Quality instructional supervision is one of the factors that affect the quality of learning. The focus of the research problem is how the instructional supervision models that have been implemented, and how a valid model of supervision to improve quality of learning. This study aimed to describe the factual models, and develop it into a valid model of instructional supervision in improving quality of learning. This study uses R&D. Instructional supervision model data were collected by interviewing ten secondary schools superintendent. The data were analyzed by descriptive qualitative and triangulation with documents, questionnaires and interviews with teachers to describe the factual models. Factual model is carried out by superintendent during consists of three phase. At development stage, the design of a total quality management based instructional supervision model, improvement and empowerment efforts included superintendents to improve the competence of superintendents to optimize performance. This model design was developed and validated by three experts and practitioners from the superintendent. The results of this validation analyzed qualitatively to enhance hypothetical model and tested on a limited basis at a superintendent. Its recommended that the TQM based instructional supervision model can be implemented by superintendents in improving the quality of teacher learning.
References
Alimi, O.S dan Akinfolarin, C.A.2012. “Impact Of Selected Modes Of Instructional Supervision Activities On Students’ Academic Performance In Senior Secondary Schools In Ondo State, Nigeriaâ€. Education Research Journal. Vol. 2(1), January 2012. hal. 1 – 6.
Behlol, M.G. at al. 2011. “Concept of Supervision and Supervisory Practices at Primary Level in Pakistanâ€. International Education Studies Journal. Vol. 4. No. 4. November 2011. ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039. hal. 28 – 35.
Clark, A.O. dan Olumese, H.A. 2013. “Effective Supervision As A Challenge In Technical And Vocational Education Delivery: Ensuring Quality Teaching/ Learning Environment And Feedback Mechanismâ€. Basic Research Journal of Education Research and Review. ISSN 2315-6872 Vol. 2(1) January 2013. Hal. 06-15
Departemen Pendidikan Nasional. 2008a. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta : Dittendik PMPTK Departemen Pendidikan Nasional
___________________________. 2008b. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta : Dittendik PMPTK Departemen Pendidikan Nasional
___________________________. 2009. Dimensi Kompetensi Supervisi Akademik. Jakarta : Direktorat Jenderal PMPTK Departemen Pendidikan Nasional
Gall, M.D, Gall, J.P dan Borg, W.R. 2003. Educational Research. Boston USA : Allyn and Bacon – Pearson Education Inc
Marzano, R., Frontier, T., dan Livingston, D. 2011. Effective Supervision : Supporting The Art And Science Of Teaching. Alexandria, Virginia USA : ASCD
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah.
Sahertian, P.A. 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta
Sallis, E. 2005. Total Quality Management in Education. London : Kogan Page Ltd.
Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang : Unnes Press
Saputra, Y.M. 2008. “Model Pengawasan Pembelajaran Pendidikan Jasmaniâ€. Desertasi. Bandung : Sekolah Pasca Sarjana UPI
Sudjana, N. 2012a. Pengawas dan Kepengawasan. Bekasi : Binamitra Publishing
Sudjana, N. 2012b. Supervisi Pendidikan : Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi : Binamitra Publishing
Waite, D. 2005. Rethinking Instructional Supervision : Notes on Its Language and Culture. London: The Falmer Press
Williams, C. 2011. Management. Mason, USA : South-Western, Cengage Learning