PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA TEAM TEACHING DI SMK

  • Indria Mustika Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
Keywords: instrumen, penilaian, , kinerja guru, team teaching

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian kinerja team teaching pada mata diklat produktif di SMK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan tiga langkah yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap validasi melalui FGD serta dilakukan uji coba terbatas dan luas. Subjek penelitian adalah guru produktif SMK yang melakukan team teaching. Instrumen pengumpul data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu; panduan wawancara; angket; observasi; dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Produk penelitian pengembangan ini berupa IPKTT, dilengkapi dengan buku panduan dan rubriknya. IPKTT memenuhi kebutuhan instrumen untuk menilai kinerja team teaching yang belum tersedia. Dengan IPKTT dapat menjadi bahan bagi kepala sekolah dalam pembuat kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran produktif dengan teknik team teaching.

 

The purpose of this study was to develop an instrument for the assessment of performance in team teaching at productive subject in Vocational High School. This study used a research method development with three steps namely the stage of preliminary studies with qualitative and quantitative techniques, stages of development and validation phase through FGD and performed limited testing and extensive. The research subject is that conduct vocational teacher team teaching. Data collection instrument used in this study are; interview guide; questionnaire; observation; and documents. Techniques of data analysis was conducted using quantitative and qualitative descriptive. with the following steps; tabulation of data, scoring data, presenting the data, and then describe the conclusions based on the criteria. Product comes with a manual that contains instructions on how to use the instruments and columns.IPKTT meet the needs of an instrument to assess the performance of team teaching are not available. With IPKTT may be material to the principal in the implementation of the policy makers on productive learning with team teaching techniques.

References

Ardli, Imam dkk. 2010. Perangkat Penilaian Kinerja Untuk Pembelajaran Teknik Pemeliharaan Ikan. Jurnal. Portal Jurnal UPI Bandung.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya. Bandung.

Badrun, Kartowagiran. 2009. Pengembangan Instrumen Kinerja SMK SBI. Makalah.disampaikan dalam workshop Evaluasi Kinerja SMK-SBI Tanggal 14 November 2009 di P4TK Matematika Yogyakarta.

Darsinah. 2010. Pengembangan Model Instrumen Penilaian Kinerja Guru TK di Kota Surakarta. Disertasi. UNNES.

Dewi, Elia Puspa. 2008. Implementasi strategi Team Teaching dalam kegiatan belajar mengajar dan penilaian pada mata kuliah Deutsch 2 jurusan sastra Jerman. Skripsi.Universitas Negeri Malang.

Dharma, Surya, 2008. Manajemen Kinerja, Pustaka Pelajar:Yogyakarta.

Djaali dan Muljono, P. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Grasindo.Jakarta.

Dunda, Juli Wahyu Pari, 2008. Konsep Kinerja Guru, Alqaprint Jatinangor: Bandung.

Dwi, Fitri Ariani. 2012. Pelaksanaan Pembinaan Kompetensi Profesional Guru SD oleh Gugus I Balecatur Kec. Gamping Kab. Sleman Yogyakarta. http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel. diunduh 19 Januari 2014.

Keputusan Meneteri Pendidikan Nasional No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Lukito, Lukman Agus. 2012. Pembinaan Disiplin Guru Untuk Meningkatkan Prestasi kerja. Tesis. UNM Malang.

Mukminan, Fattah. 2003. Landasan Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.

Quinn, S. & Kanter, S. 1984, Team Teaching, Volume 1. Number 4. 2000.

Rohiat, Dr. 2010. Manajemen Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.

Rutkowski, David. 2013. Teaching and Learning International Survey The Talis 2013. Paris. DPC IEA Data Processing And Research Center.

Suaidiman. Instrumen Penilaian Kinerja Guru. http://suaidinmath.wordpress.com diunduh 26 Januari 2014.

Sudjana, Nana, dan Surya D dan Wastandar. 2012. Pemantauan Pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan (Panduan bagi Pengawas Sekolah). Binamitra Bekasi. Publishing.

Wang, Dianjin. 2010.Team Teaching and the Application in the Course English

TeachingMethodology CET and NSET in China. , English Language teaching (CCSE) vol.3.

Wibowo. 2009. Manajemen Kinerja. Cetakan Kedua. Rajawali Pers. Jakarta.

How to Cite
Mustika, I. (1). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA TEAM TEACHING DI SMK. Educational Management, 3(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/4385
Section
Articles