IMPLEMENTASI MUATAN LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN NILAI KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP NEGERI 2 PULOSARI KABUPATEN PEMALANG

  • Siti Rokhanah Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Implementation, additional subject, entrepreneurship values

Abstract

Abstract: The objectives of this research is to know and to analyze deeply about the implementation of additional subject in developing the entrepreneurship value of the students of SMPN 2 Pulosari, Pemalang Regency. The research uses qualitative description approach. The focus of the problem is the implementation of additional subject in entrepreneurship. The methods of collecting data procedure are interview, documentation, and observation. The sampling technique used is snow ball technique. The investigation and checking of the data use triangulation sources. Data analyses use taxonomy analyses. The results of the research are related with the function of management. They are (1) planning by using participative approach, (2) organizing by functioning human resource, nature, and fund, (3) the implementation by using scientific approach, (4) supervision is done in written and spoken ways and by using contingency approach

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara mendalam tentang implementasi muatan lokal dalam mengembangkan nilai kewirausahaan siswa di SMP Negeri 2 Pulosari Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus permasalahan adalah Implementasi muatan lokal dalam kewirausahaan. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik pengambilan sampel adalah teknik snow ball. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis taksonomi. Hasil penelitian dikaitkan dengan fungsi manajemen yaitu: (1) perencanaan dengan menggunakan pendekatan partisipatif; (2) pengorganisasian dengan mengfungsikan sumber daya manusia, alam dan dana; (3) pelaksanaan denganĀ  menggunakan pendekatan ilmiah serta; (4) pengawasan dilakukan secara lisan dan tertulis dengan menggunakan pendekatan kontingensi.

References

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryana, yuyus. dan Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Sugiono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono, Sonny. 2010. Kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, fandy & Anastasia Diana. 2009. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.

Umiarso & Imam Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta: IRCiSoD.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.

How to Cite
Rokhanah, S. (1). IMPLEMENTASI MUATAN LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN NILAI KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP NEGERI 2 PULOSARI KABUPATEN PEMALANG. Educational Management, 1(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/827
Section
Articles