SUPERVISI AKADEMIK KOLABORASI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PRODUKTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • Surya Jaya Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Samsudi Samsudi Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Titi Prihatin Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Guru Produktif, Kompetensi Profesional, Model Supervisi, Supervisi Akademik.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  menganalisis dan mendiskripsikan pelaksanaan supervisi akademik saat ini, menghasilkan model supervisi akademik yang sesuai kebutuhan, validitas  model, keefektifan model  supervisi akademik berbasis kolaborasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, dengan pendekatan kualitatif mengungkap pelaksanaan supervisi akademik saat ini dan kebutuhan model supervisi. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi serta FGD. Tahap evaluasi yaitu Uji coba terbatas one group pretest–postest design untuk mengetahui keefektifan model. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan supervisi akademik selama ini dinilai kurang efektif, supervisi lahir atas inisiatif pengawas, kurangnya observasi atau kunjungan kelas,  kurangnya kerjasama pengawas dan guru, sehingga perlu dikembangkan supervisi akademik yang dapat mengatasi permasalahan saat ini yaitu supervisi akademik kolaborasi. Hasil uji coba menunjukan keefektifan supervisi, terjadi peningkatan dari 58,14% (pretest) menjadi 82,4% (postest) atau meningkat sebesar 24,26% dalam hal kemampuan guru dalam mengajar di kelas melalui observasi kelas. Peneliti menyimpulkan model supervisi akademik berbasis kolaborasi efektif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru produktif.

How to Cite
Jaya, S., Samsudi, S., & Prihatin, T. (1). SUPERVISI AKADEMIK KOLABORASI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PRODUKTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Educational Management, 4(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/9859
Section
Articles