- Abstract viewed - 836 times
- PDF downloaded - 1778 times
Affiliations
Maghfiroh Maghfiroh
Affiliation not stated
Woro Sumarni
Affiliation not stated
Eko Budi Susatyo
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Oktaviony Tiara Kusuma, Endang Susilaningsih, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Ida Rosida, Eko Budi Susatyo, Darmuah Darmuah, ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN TES CBT , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Wahyu Uswatun Khasanah, Woro Sumarni, DESAIN LKPD MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Noviana Sri Rahayu, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Harjito Harjito, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Design Based Learning (DBL) pada Materi Sistem Koloid , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Audhea Kartini Puspaningrum, Woro Sumarni, Sudarmin Sudarmin, Desain E-Modul Larutan Elektrolit-Nonelektrolit Multirepresentasi terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Feby Kristiansi, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Sigit Priatmoko, Pengembangan Butir Soal Tes Tingkat Makroskopis, Mikroskopis, dan Simbolis Untuk Identifikasi Kemampuan Analisis Siswa yang Dianalisis dengan Model Rasch , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Amalia Irfiana, Woro Sumarni, Desain Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice Bermuatan Critical Thinking Skills untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Terkait Materi Asam Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Qorry Adilla Fikrina, Sudarmin Sudarmin, Woro Sumarni, Sri Susilogati Sumarti, Pengambangan E-Modul Kimia Larutan Terintegrasi Etno-STEAM Bahan Kajian Batik Pekalongan , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
- Khalimatus Sya'diyah, Sri Wardani, Woro Sumarni, Sri Mursiti, Pengembangan LKPD Berbasis Problem Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Interpersonal , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
- Riris Arfianti, Eko Budi Susatyo, Agung Tri Prasetya, Sri Nurhayati, Desain Media Pembelajaran Fun Colloid berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Desain Media Pembelajaran Fun Colloid berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Oct 25, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Tujuan penelian ini untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, respons peserta didik dan guru terhadap penggunaan media pembelajaran Fun Colloid berbasis android untuk meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik pada materi sistem koloid. Penelitian pengembangan (research and development) dengan model penelitian 3-D yaitu (define, design, dan development). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Slawi menggunakan teknik purpossive sampling sebanyak 51 peserta didik kelas XI. Berdasarkan hasil analisis validasi kelayakan oleh para ahli memperoleh validasi materi dan media sangat layak berturut-turut sebesar 92% dan 93%. Uji skala kecil menunjukkan skor 94% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis untuk peningkatan hasil belajar diperoleh nilai N-gain sebesar 0,78 dengan kriteria tinggi dan efektivitas sebesar 78% dengan kriteria efektif. Indeks minat belajar peserta didik diperoleh skor 85% dengan kategori sangat tinggi. Peserta didik dan guru memberikan respons sangat baik dengan skor 92% dan 95%. Berdasarkan analisis diperoleh simpulan bahwa desain media pembelajaran Fun Colloid berbasis android dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik serta memperoleh respons sangat baik dari peserta didik dan guru.