- Abstract viewed - 836 times
- PDF downloaded - 1778 times
Affiliations
Maghfiroh Maghfiroh
Affiliation not stated
Woro Sumarni
Affiliation not stated
Eko Budi Susatyo
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Faricha Tunjungsari, Jumaeri Jumaeri, Woro Sumarni, Karakteristik Adhesive Polymer Polivinil Asetat Termodifikasi Butil Akrilat untuk Aplikasi Transfer Metalize , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Widya Rosanti, Nur Rizky Amalia, Harjito Harjito, Eko Budi Susatyo, ANALISIS KETERAMPILAN DASAR LABORATORIUM DENGAN PEMBELAJARAN POGIL PADA MATERI TITRASI ASAM BASA , Chemistry in Education: Vol 8 No 1 (2019): Terbit bulan April 2019
- Brigitta Elga Kusuma Dewi, Woro Sumarni, Efektivitas Penggunaan Media E-learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Iqnatu Nazila Amique, Jumaeri Jumaeri, Woro Sumarni, Endang Susilaningsih, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM INOVATIF PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Anggreny Br Pandia, Woro Sumarni, Pengembangan Alat Peraga Uji Daya Hantar Listrik Berbasis STEM dan Pengaruhnya Terhadap Literasi Kimia Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Ahmad Roisul Mubarok, Woro Sumarni, Wisnu Sunarto, PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK COCOLEAF CRAFT ART TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP REDOKS SISWA KELAS X , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Izza Ratna Kumala, Woro Sumarni, Sri Haryani, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nur Mahiyatus Sholikhah, Agung Tri Prasetya, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Identifikasi Keterampilan Laboratorium Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Siti Nurfaijah, Woro Sumarni, Sri Susilogati Sumarti, Cepi Kurniawan, Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Terhadap Keaktifan Siswa , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Terhadap Keaktifan Siswa
Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
Submitted: Nov 18, 2020
Published: Dec 16, 2021
Abstract
“Pembelajaran aktif merupakan pendekatan pembelajaran yang lebih banyak melibatkan aktifitas siswa dalam mengakses berbagai informasi dan pengetahuan untuk dibahas dan dikaji dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga mereka dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensinyaâ€. Studi literatur menunjukkan model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap keaktifan siswa yaitu project based learning (PjBL) dengan STEM. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh project based learning terintegrasi STEM terhadap keaktifan siswa dan mengetahui seberapa besar pengaruh project based learning terintegrasi STEM terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Quasi dengan desain Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Cirebon sebanyak 32 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T. Hasil analisis menunjukkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM berpengaruh terhadap keaktifan siswa.
Kata Kunci: Project Based Learning, STEM, keaktifan siswa.