- Abstract viewed - 1051 times
- PDF downloaded - 8104 times
Affiliations
Faricha Tunjungsari
Jurusan Kimia FMIPA UNNES
Jumaeri Jumaeri
Affiliation not stated
Woro Sumarni
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Ahmad Roisul Mubarok, Woro Sumarni, Wisnu Sunarto, PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK COCOLEAF CRAFT ART TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP REDOKS SISWA KELAS X , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Izza Ratna Kumala, Woro Sumarni, Sri Haryani, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nur Mahiyatus Sholikhah, Agung Tri Prasetya, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Identifikasi Keterampilan Laboratorium Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Siti Nurfaijah, Woro Sumarni, Sri Susilogati Sumarti, Cepi Kurniawan, Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Terhadap Keaktifan Siswa , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Wahyu Uswatun Khasanah, Woro Sumarni, DESAIN LKPD MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Audhea Kartini Puspaningrum, Woro Sumarni, Sudarmin Sudarmin, Desain E-Modul Larutan Elektrolit-Nonelektrolit Multirepresentasi terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Feby Kristiansi, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Sigit Priatmoko, Pengembangan Butir Soal Tes Tingkat Makroskopis, Mikroskopis, dan Simbolis Untuk Identifikasi Kemampuan Analisis Siswa yang Dianalisis dengan Model Rasch , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Amalia Irfiana, Woro Sumarni, Desain Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice Bermuatan Critical Thinking Skills untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Terkait Materi Asam Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Qorry Adilla Fikrina, Sudarmin Sudarmin, Woro Sumarni, Sri Susilogati Sumarti, Pengambangan E-Modul Kimia Larutan Terintegrasi Etno-STEAM Bahan Kajian Batik Pekalongan , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Pengambangan E-Modul Kimia Larutan Terintegrasi Etno-STEAM Bahan Kajian Batik Pekalongan
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Aug 19, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi, kevalidan, kelayakan, keefektifan, dan respon dari pengguna e-modul flipbook larutan elektrolit dan non elektrolit terintegrasi etno-STEAM batik untuk mengembangkan karakter kewirausahaan siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model penelitian 4D, yang terdiri atas tahap define, design, develop, and disseminate. Instrumen dalam penelitian ini yaitu meliputi lembar wawancara, instrument tes evaluasi, lembar validasi ahli, lembar angket kepraktisan, lembar angket respon siswa, lembar observasi karakter kewirausahaan siswa, dan lembar aktivitas siswa. Uji coba dilakukan melalui uji kelayakan 1 untuk mengetahui keterbacaan dan kepraktisan e-modul dan uji kelayakan 2 untuk mengetahui keefektifan e-modul. Hasil penelitian diperoleh spesifikasi e-modul yang memuat pembelajaran kimia berbasis budaya, terintegrasi etno-STEAM, dan indicator kewirausahaan. E-modul flipbook larutan elektrolit dan non elektrolit terintegrasi etno-STEAM batik memiliki skor total kevalidan materi dan media sebesar 70,67 dan 77,67 sehingga memiliki kategori yang sangat valid dan layak untuk digunakan. Respon dari siswa diperoleh dengan kategori sangat tinggi. Hasil evaluasi diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil lembar aktivitas siswa dan lembar observasi karakter kewirausahaan berada pada kategori sangat tinggi. Sehingga e-modul efektif untuk mengembangkan karakter kewirausahaan siswa.