- Abstract viewed - 1051 times
- PDF downloaded - 15224 times
Affiliations
Sidik Muharom
Universitas Negeri Semarang
Sudarmin Sudarmin
Universitas Negeri Semarang
Nanik Wijayati
Universitas Negeri Semarang
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Isnaeni Nurul Ulya, Jumaeri Jumaeri, Wawan Wawan, Endah Fitriani Rahayu, Nanik Wijayati, Uji Aktivitas Katalitik Hidrodesulfurisasi Campuran Light Gas Oil (LGO) dan Light Diesel Oil (LDO) dengan Katalis CoMo/ γ-Al2O3 , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Fatin Atikah Nata Sya'idah, Nanik Wijayati, Murbangun Nuswowati, Sri Haryani, Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan e-LKPD Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Indah Beti Lestari, Sudarmin Sudarmin, Ellianawati Ellianawati, Analysis of Students' Needs and Responses on The Development of Ethnoscience Integrated Vlog , Unnes Science Education Journal: Vol 10 No 2 (2021): July 2021
- Tri Anita Juniar, Sri Susilogati Sumarti, Murbangun Nuswowati, Nanik Wijayati, Pengembangan LKPD Berbasis PBL dengan Orientasi CEP untuk Mengembangkan Minat Wirausaha dan Hasil Belajar Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Laela Apriliastuti Fitriana, Nanik Wijayati, Yuli Utanto, The Effectiveness of Android-Based Learning Media on Science Lesson Content to Increase Motivation and Digital Literacy of Grade V Elementary School Students , Journal of Primary Education: Vol 11 No 1 (2022): March 2022
- Tasya Syalsya Dhila, Endang Susilaningsih, Nanik Wijayati, Agung Tri Prasetya, Pengembangan Asesmen Tes Penilaian Bermuatan Triangle Level pada Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Alfian Noor Maulana, Sri Nurhayati, Nanik Wijayati, Eko Budi Susatyo, Desain Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis POGIL Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Hidrolisis Garam , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Alya Qothrunnada, Sri Wardani, Sri Haryani, Nanik Wijayati, Desain LKPD Model SSCS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kecerdasan Interpersonal , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
- Nur Khofifah, Agung Tri Prasetya, Sri Haryani, Nanik Wijayati, Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
- Deluna Hayang Faista, Woro Sumarni, Sudarmin Sudarmin, Harjito Harjito, Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Etnosains Pada Budaya Jamu Tradisional Terhadap Literasi Kimia Siswa , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Etnosains Pada Budaya Jamu Tradisional Terhadap Literasi Kimia Siswa
Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Submitted: Apr 17, 2023
Published: Jan 23, 2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia bermuatan etnosains pada budaya jamu tradisional terhadap literasi kimia siswa. Penelitian ini sudah menghasilkan modul kimia bermuatan etnosains pada budaya jamu tradisional yang sudah dinyatakan layak digunakan. Penelitian ini menilai literasi kimia siswa setelah menggunakan modul kimia bermuatan etnosains pada budaya jamu tradisional. Penelitan ini menilai aspek literasi kimia secara keseluruhan, aspek konten, aspek konteks, dan aspek kompetensi. Hasil ketercapaian literasi kimia secara keseluruhan yang tertinggi dalam kategori sangat baik yaitu sebanyak 16 siswa, kategori baik sebanyak 10 siswa dengan jumlah total 32 siswa. Hasil literasi kimia aspek konten terdapat dua indikator penilaian dengan hasil 39% dan 61%. Hasil literasi kimia aspek konteks terdapat lima indikator penilaian dengan hasil 20%, 20%, 22%, 21%, dan 17%. Sedangkan pada literasi kimia aspek kompetensi memiliki tiga indikator penilaian dengan hasil 33%, 30%, dan 37%. Secara keseluruhan hasilnya modul kimia bermuatan etnosains pada budaya jamu tradisional sudah dapat berpengaruh terhadap literasi kimia siswa.