- Abstract viewed - 1434 times
- PDF downloaded - 2913 times
Affiliations
Sella Oktaviana
Universitas Negeri Semarang
Sri Mursiti
Universitas Negeri Semarang
Nanik Wijayati
Universitas Negeri Semarang
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Aflin Nur Farikhah, Sri Mursiti, Agung Tri Prasetya, Uji Aktivitas Antibakteri Senyawa Triterpenoid dari Biji Karika (Carica pubescens) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Ade Resti, Ella Kusumastuti, Agnesya Putri G, Jumaeri Jumaeri, Nanik Wijayati, Optimalisasi Konsentrasi Demulsifier pada Proses Demulsifikasi MInyak Mentah dalam Slop Oil , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Isnaeni Nurul Ulya, Jumaeri Jumaeri, Wawan Wawan, Endah Fitriani Rahayu, Nanik Wijayati, Uji Aktivitas Katalitik Hidrodesulfurisasi Campuran Light Gas Oil (LGO) dan Light Diesel Oil (LDO) dengan Katalis CoMo/ γ-Al2O3 , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Fatin Atikah Nata Sya'idah, Nanik Wijayati, Murbangun Nuswowati, Sri Haryani, Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan e-LKPD Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Tri Anita Juniar, Sri Susilogati Sumarti, Murbangun Nuswowati, Nanik Wijayati, Pengembangan LKPD Berbasis PBL dengan Orientasi CEP untuk Mengembangkan Minat Wirausaha dan Hasil Belajar Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Laela Apriliastuti Fitriana, Nanik Wijayati, Yuli Utanto, The Effectiveness of Android-Based Learning Media on Science Lesson Content to Increase Motivation and Digital Literacy of Grade V Elementary School Students , Journal of Primary Education: Vol 11 No 1 (2022): March 2022
- Tasya Syalsya Dhila, Endang Susilaningsih, Nanik Wijayati, Agung Tri Prasetya, Pengembangan Asesmen Tes Penilaian Bermuatan Triangle Level pada Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Alfian Noor Maulana, Sri Nurhayati, Nanik Wijayati, Eko Budi Susatyo, Desain Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis POGIL Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Hidrolisis Garam , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Alya Qothrunnada, Sri Wardani, Sri Haryani, Nanik Wijayati, Desain LKPD Model SSCS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kecerdasan Interpersonal , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
- Nur Khofifah, Agung Tri Prasetya, Sri Haryani, Nanik Wijayati, Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar
Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Submitted: Feb 8, 2023
Published: Jan 23, 2024
Abstract
Kimia kurang diminati oleh peserta didik karena materi kimia dianggap sulit dipahami. Kesulitan memahami kimia berdampak pada hasil belajar peserta didik. Model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan penemuan peserta didik sehingga mereka dapat memperoleh kesuksesan belajar lebih optimal dan membangunkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dengan model Discovery Learning berbantuan aplikasi Edmodo materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Cara yang digunakan dalam teknik penarikan sampel yaitu teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode tes berupa soal Multiple Choice untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik berupa soal pretest dan soal posttest sedangkan metode non tes berupa lembar angket motivasi untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi biserial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang kuat berdasarkan nilai korelasi biserial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar yang diperoleh sebesar 0,82 dan 0,80 dengan koefisien determinasi sebesar 64% dan 67,24%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Edmodo terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada peserta didik.