- Abstract viewed - 1677 times
- PDF downloaded - 9529 times
Affiliations
Apriza Marfina
Kimia
Edy Cahyono
Affiliation not stated
Sri Mursiti
Affiliation not stated
Harjono Harjono
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Rika Ayu Lestari, Endang Susilaningsih, Harjono Harjono, Sri Susilogati Sumarti, Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Hidrolisis , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Amalina Artani, Sri Susilogati Sumarti, Sigit Priatmoko, Harjono Harjono, PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Chinta Celi Ayu Cendana, Harjono Harjono, Sri Haryani, Murbangun Nuswowati, Korelasi Persepsi Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa selama Pandemi Covid-19 di SMA Unggulan Nurul Islami Mijen , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Adhina Choiri Putri, Sri Wardani, Murbangun Nuswowati, Harjono Harjono, PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Oktaviony Tiara Kusuma, Endang Susilaningsih, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Noviana Sri Rahayu, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Harjito Harjito, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Design Based Learning (DBL) pada Materi Sistem Koloid , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Anisalia Nur Islamiyah, Edy Cahyono, Preparation of PVA/ME/β-CD and PVA/ME Nanofibers by Electrospinning and Their Activity as a Drosophila melanogaster Attractant , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 10 No 3 (2021)
- Nisa Fathin Muslimah, Sri Susilogati Sumarti, Sri Mursiti, Kasmui Kasmui, Desain Booklet Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
- Khalimatus Sya'diyah, Sri Wardani, Woro Sumarni, Sri Mursiti, Pengembangan LKPD Berbasis Problem Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Interpersonal , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Pengembangan LKPD Berbasis Problem Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Interpersonal
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Aug 23, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains pada materi Reaksi Redoks untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan interpersonal. Pengembangan LKPD menggunakan metode 3-D yaitu Define, Design, dan Develop. Subjek pada penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Suranenggala Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, observasi kecerdasan interpersonal, angket keterbacaan dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu kelayakan dan keefektifan, serta hasil keterbacaan dan respon peserta didik. Hasil validasi rata-rata LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains memperoleh nilai persentase sebesar 85% termasuk kriteria baik. Keterbacaan LKPD pada skala kecil dihasilkan nilai persentase sebesar 86% termasuk kriteria sangat baik dan angket tanggapan peserta didik terhadap LKPD skala besar dihasilkan nilai persentase sebesar 86% termasuk kriteria sangat baik. LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains dapat meningkatkan kemampuan kognitif melalui hasil belajar dengan pretest-postest memperoleh N-Gain sebesar 0,59 termasuk kategori sedang. Kecerdasan interpersonal meningkat pada kegiatan diskusi dan praktikum dihasilkan nilai persentase 84,93% termasuk kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan interpersonal.