- Abstract viewed - 1027 times
- PDF downloaded - 2157 times
Affiliations
Aflin Nur Farikhah
Semarang State University
Sri Mursiti
Universitas Negeri Semarang
Agung Tri Prasetya
Universitas Negeri Semarang
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Hartias Rizalina, Edy Cahyono, Sri Mursiti, Bowo Nurcahyo, Supartono Supartono, Optimasi Penentuan Kadar Metanol dalam Darah Menggunakan Gas Chromatography , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Arisma Yanti, Sri Mursiti, Nuni Widiarti, Bowo Nurcahyo, M. Alauhdin, Optimalisasi Metode Penentuan Kadar Etanol dan Metanol pada Minuman Keras Oplosan Menggunakan Kromatografi Gas (KG) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 1 (2019)
- Sella Oktaviana, Sri Mursiti, Nanik Wijayati, Uji Aktivitas Antibakteri dari Ekstrak Biji Mengkudu (Morinda citrifolia L.) dan Sediaan Gel Hand Sanitizer , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Tiwi Prasetyaningtyas, Agung Tri Prasetya, Nuni Widiarti, Sintesis Nanopartikel Perak Termodifikasi Kitosan dengan Bioreduktor Ekstrak Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) dan Uji Aktivitasnya sebagai Antibakteri , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 1 (2020)
- Endiyana Pratiwi, Agung Tri Prasetya, Optimasi Metode Analisis Kadar Surfaktan Anion Menggunakan Methylen Blue Active Subtances dengan Spektrofotometer Ultraviolet Visible , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Nur Mahiyatus Sholikhah, Agung Tri Prasetya, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Identifikasi Keterampilan Laboratorium Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Tasya Syalsya Dhila, Endang Susilaningsih, Nanik Wijayati, Agung Tri Prasetya, Pengembangan Asesmen Tes Penilaian Bermuatan Triangle Level pada Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Nur Khofifah, Agung Tri Prasetya, Sri Haryani, Nanik Wijayati, Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
- Erina Afriani, Endang Susilaningsih, Sri Haryani, Agung Tri Prasetya, Analisis Kompetensi Minimum Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Melalui Pengembangan Instrumen Tes Bermuatan AKM dengan Konteks Saintifik Daily Life , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
- Avia Rizka Ulfana, Sri Haryani, Agung Tri Prasetya, Sri Susilogati Sumarti, E-modul Pengayaan Multipel Representasi untuk Mengidentifikasi Kemampuan Literasi Kimia Siswa , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
E-modul Pengayaan Multipel Representasi untuk Mengidentifikasi Kemampuan Literasi Kimia Siswa
Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Submitted: Jun 5, 2023
Published: Jan 23, 2024
Abstract
Modul pengayaan multipel representasi dapat dimanfaatkan sebagai upaya daam peningkatan literasi kimia sekaligus melaksanakan program pengayaan bagi siswa. Tujuan penelitian ini pengembangan e-modul pengayaan literasi kimia yang relevan, efisien, dan mendapat respon baik dari siswa. Model pengembangan Research and Development (R&D) dengan desain 4D, tahap-tahapnya Define, Design, Development, dan Disseminate. Metode pengumpulan data meliputi observasi awal, dokumentasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpul data lembar angket validasi, soal pretestposttest, Angket respon peserta didik. Teknik Analisis data : Analisis data validasi ahli, Analisis data hasil pretest-posttest, dan Analisis data Angket respon siswa terhadap e-modul produk pengembangan. Hasil penelitian, berdasarkan hasil analisis data validasi diperoleh rerata skor validator isi = 74 dari skor total 80, dengan kategori sangat valid isi, rerata skor ahli media 64 dari skor total 72 dengan kriteria sangat valid media, skor keterbacaan 40,07 dari skor total 44 kriteria sangat valid. Hasil pretest 84 dan posttest 96, Respon siswa terhadap produk e-modul pengayaan = 66,6 dari skor totaL 80. kategori sangat layak digunakan untuk mengambil data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul pengayaan multipel representasi bermuatan literasi kimia yang dikembangan layak dan efektif diterapkan pada program pengayaan serta mendapatkan tanggapan yang baik dari siswa.